Panglima TNI; Buka Kejuaraan Drum Band

Panglima TNI; Buka Kejuaraan Drum Band

Jakarta, Kabarindo- Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko.

Ia bertindak sebagai Inspektur Upacara pada acara pembukaan final Kejuaraan Terbuka Tingkat Nasional Lomba Unjuk Gelar Drum Band dan Konser Musik Harmoni Piala Bergilir Panglima TNI di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Selasa (30/9/2014). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Peringatan ke-69 Hari TNI dengan tema “Bersama TNI, Persatuan Drum Band Indonesia ikut serta Membangun Karakter Anak Bangsa”.
 
Panglima TNI dalam sambutannya mengatakan bahwa, drum band yang didalamnya meliputi marching band, musik harmoni dan military band, bila ditilik dari citra sejarah serta filosofisasinya dapat menjadi bagian pembinaan generasi muda bangsa Indonesia. Secara naratif bahwa mayoritas drum band berbicara tentang hal-hal positif, serta pengaruh sugestif bagi pemberbudayaan karakter maupun sikap mental generasi muda yang lebih berbudaya dan cerdas, serta secara psikologis berefek menentramkan jiwa.
 
“Saya menyambut gembira dedikasi diselenggarakannya kejuaraan Drum Band Tingkat Nasional Piala Panglima TNI tahun 2014, yang momentumnya memiliki relevansi dengan tema HUT TNI yaitu Patriot Sejati, Profesional dan Dicintai Rakyat”, kata Panglima TNI.
 
Drum band yang didalamnya meliputi marching band, musik harmoni dan military band, bila ditilik dari citra sejarah serta filosofisasinya dapat menjadi bagian pembinaan generasi muda bangsa Indonesia. Secara naratif bahwa mayoritas drum band berbicara tentang hal-hal positif, serta pengaruh sugestif bagi pemberbudayaan karakter maupun sikap mental generasi muda yang lebih berbudaya dan cerdas, serta secara psikologis berefek menentramkan jiwa.
 
“Kepada pencinta dan pemerhati drum band untuk menjadikannya sebagai magnet tipikal dengan daya pikat tersendiri, untuk memadukan edukasi dan rekreasi dalam satu cipta kreasi”, harap Panglima TNI.
 
Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, kemampuan yang dimiliki oleh para personel drum band tersebut, dapat dipastikan telah sebanding dengan ketekunan dan kedisiplinannya dalam berlatih, disamping adanya motivasi dalam pribadi yang luar biasa kuat untuk maju, berkembang dan berprestasi, yang kesemua out come nya telah memenuhi drum band sebagai olahraga pendidikan, rekreasi dan prestasi, sebagaimana arah dan tujuan undang-undang nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.
 
Peserta yang memasuki babak final diikuti 20 tim terdiri dari : 4 tim kategori peserta Unjuk Gelar Military Style, yaitu Pusdikzi Bogor, Secapa TNI AD Bandung, FKPPI Banjarmasin dan SMANSA Palembang. Juara pertama Secapa TNI AD Bandung, juara kedua Pusdikzi Bogor dan juara ketiga SMANSA Palembang.
 
6 tim peserta Unjuk Gelar Umum yaitu : Gita Bahari Sampang Madura Jawa Timur, Gita Bersama Tanjung Barat Kuala Tungkal Jambi, SMP Klari Jawa Barat, MB Sinar Husni Medan Sumatera Utara, Marcing Band SMA Kristen 1 Tomohon dan Gita Bahana Multi Karya Banjarmasin. Juara pertama Secapa TNI AD Bandung; juara kedua Pusdikzi Bogor dan juara ketiga SMANSA Palembang.  Juara pertama Gita Bersama Tanjung Barat Kuala Tungkal Jambi, juara kedua MB Sinar Husni Medan Sumatera Utara dan juara ketiga Gita Bahari Sampang Madura Jawa Timur.
 
Peserta Lomba Musik Harmoni 10 tim lomba musik Harmoni yang saat ini memasuki babak final dengan peserta sebagai berikut : Satsik Mabes Polri, FKPPI Banjarmasin Kalsel, Mabes TNI AL Wilayah Barat, Mabes TNI AL Wilayah Timur, Satsik Kodam Iskandar Muda, Ajendam III Siliwangi, Ajendam II Sriwijaya, Marching Band SMA Kristen Tomohon, Ditajenad, Angkatan Udara Adi Sucipto (sebagai pemenang kejuaraan tahun lalu). Juara pertama Ditajenad, juara kedua Mabes Polri dan juara ketiga Kodam Iskandar Muda.
 
Kejuaraan ini sebelumnya digelar per Korwil mulai tanggal 23 Agustus 2014, dan babak penyisihan dimulai dari Korwil 4 meliputi Jogjakarta, Jatim, Bali, NTT dan NTB dilaksanakan di Surabaya. Korwil 3 meliputi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan DKI dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2014 di Jakarta. Korwil 5 mencakup daerah Kalimantan dan telah dilaksanakan pada tanggal 7 September 2014 di Banjarmasin dan Korwil 1 di Medan serta Korwil 2 di Palembang. Untuk Korwil 1 dan 2 berasal dari daerah Sumatera dilaksanakan pada tanggal 14 September 2014, dan Korwil 6 meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua dilaksanakan di Manado pada tanggal 20 September 2014.