Panasonic; Punya Power Supply Container

Panasonic; Punya Power Supply Container

Jakarta, Kabarindo– Pekan ini, Panasonic mengumumkan telah mengembangkan "Power Supply Container," yaitu paket listrik tenaga surya yang dapat digunakan pada daerah tanpa akses listrik.

“Power Supply Container” ini berisi modul surya1 dan lead-acid battery2, serta Unit Pengontrol Pasokan Energi (Power Supply Control Unit) yang dikembangkan baru-baru ini sebagai sistem manajemen energi.

Selain itu, program peningkatan mutu pendidikan dasar, serta mengurangi kemiskinan dengan menyediakan fasilitas listrik di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, dimana Power Supply Container Panasonic bertindak sebagai sumber tenaga; telah terpilih oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia sebagai proyek gabungan sektor publik/swasta, dengan memanfaatkan bantuan hibah untuk grass-roots Human Security Projects*3. Proyek ini bertujuan menyediakan listrik ke SDN Karimunjawa 01 dibawah kebijakan peningkatan lingkungan pendidikan untuk pulau-pulau terpencil.

Program ini diberikan kepada Koperasi Pundih Artah di Jepara, Indonesia, dengan bantuan Panasonic untuk mengembangkan sistem penyedia daya, serta IBEKA Indonesia sebagai pelaksana program.

Di wilayah Karimunjawa, listrik hanya tersedia di malam hari, yang didapat dari generator disel. Tidak tersedianya listrik di siang hari menyebabkan kondisi lingkungan pendidikan yang kurang memadai. Panasonic akan menyediakan Power Supply Container ke SDN Karimunjawa 01, guna meningkatkan mutu fasilitas dan lingkungan sekolah, melalui penyediaan listrik untuk alat-alat elektronik, seperti lampu dan kipas angin. Selain itu, instalasi ini juga berfungsi sebagai sumber daya alat-alat pendidikan seperti komputer, proyektor dan televisi. Panasonic akan memperkenalkan Power Supply Container yang direncanakan akan beroperasi pada awal Juli 2014.

Power Supply Container dilengkapi dengan 12 modul surya Panasonic HIT®240 yang memiliki efisiensi konversi yang tinggi dan dapat menghasilkan daya hingga 3 kW . Hal ini juga dilengkapi dengan 24 baterai lead-acid storage (total 17,2 kWh) yang dapat menyediakan simpanan daya. Program ini akan memasok listrik untuk alat-alat elektronik di sekolah dan ruang kelas selama waktu sekolah, sementara kelebihan energi yang dihasilkan pada jam sekolah akan didistribusikan kepada masyarakat setempat, guna membantu menstabilkan daya di daerah setempat.

Panasonic mencanangkan penggunaan Power Supply Container sebagai solusi untuk daerah-daerah minim listrik di Indonesia, seperti daerah tanpa listrik atau tempat-tempat yang sering mengalami pemadaman listrik, serta merealisasikan gaya hidup yang lebih menyenangkan. Di masa yang akan datang, Power Supply Container akan diberikan kepada negara-negara Asia lainnya, serta negara-negara berkembang untuk menyediakan listrik ke setiap sudut dunia.