Palu Punya Wisata Gerhana Matahari Total; 09 Maret Mendatang

Palu Punya Wisata Gerhana Matahari Total; 09 Maret Mendatang

Palu, Sulawesi Tengah, Kabarindo- Pemerintah Kota Palu bersiap menyambut turis mancanegara dan domestik yang hendak menikmati gerhana matahari total yang diprediksi akan terjadi 9 Maret 2016.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Palu, Rosdiana Lalusu, di Palu, Rabu, mengatakan, persiapan itu berupa menyediakan pemandu wisata yang melayani wisatawan, khususnya yang datang dari luar negeri.

Pemerintah Kota Palu telah bekerja sama dengan pihak perhotelan dan pariwisata untuk melatih pemandu wisata agar siap melayani wisatawan yang datang.

Menurutnya, faktor kebersihan dan keamanan juga telah disiapkan untuk menyambut para wisatawan tersebut.

Gerhana matahari total tersebut akan berlangsung beberapa menit dan pusat pemantauannya akan berlangsung di Anjungan Pantai Talise.

Gerhana matahari total itu diperkirakan akan terjadi pada pukul 08.38 WITA. Momentum gerhana tersebut juga diperkirakan akan dikunjungi sekitar 1.500 wisatawan asing yang sebagian besar berasal dari Amerika.

Wisatawan tersebut sebagian besar adalah ilmuan dan peneliti yang setiap tahunnya berkelana ke berbagai penjuru dunia untuk meneliti fenomena gerhana matahari total.

Sebelumnya, Manajer Hotel Mercure Palu, Abdul Azhari, menyampaikan banyaknya tamu asing yang berkunjung ke Kota Palu itu bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah ini.

"Momen gerhana matahari ini adalah pemicu saja. Oleh karenanya kita harus memanfaatkannya dengan mengemasnya secara menarik dan mengesankan," katanya.

Saat ini 500-an kamar hotel berbintang di Kota Palu telah dipesan oleh wisatawan asing untuk menikmati gerhana matahari seperti dilansir dari laman antaranews