Orang Indonesia; Paling Suka Hadiah Liburan

Orang Indonesia; Paling Suka Hadiah Liburan

Jakarta, Kabarindo- Menurut hasil survei belanja liburan yang dirilis hari ini terhadap konsumen Groupon di 12 wilayah pasar, orang Indonesia termasuk tipe orang yang selalu ingin memberikan hadiah yang paling menarik untuk keluarga, teman dan diri mereka sendiri ketika musim liburan.

Diantara responden yang disurvei, 40% berencana untuk memberikan hadiah unik, hadiah khusus atau yang lain dari biasanya. Persentase memberikan kado berupa hadiah unik ini hanya selisih sedikit dengan dengan masyarakat di Hong Kong (41%) dan hampir dua kali lipat rata-rata responden dari Asia Pasifik (22%). Jika kebanyakan responden dari Indonesia memiliki tambahan anggaran untuk hadiah liburan, 53% memilih akan menghabiskannya untuk sesuatu yang menyenangkan diri mereka sendiri. Persentase ini hanya berbanding sedikit dengan responden dari Korea sejumlah 58% dan secara signifikan lebih tinggi dari 33% responden dari Australia. Selain itu, hanya 13% responden Indonesia yang memilih untuk membeli sesuatu yang praktis sebagai hadiah, - dimana mereka empat kali lebih mungkin untuk berbelanja kado yang unik sebagai hadiah pilihan musim liburan ini .

Orang Indonesia adalah Pembelanja melalui Mobile di Asia Pasifik
Selain itu, survei ini juga mendapati bahwa selain Taiwan dan Malaysia, orang Indonesia merupakan konsumen pembelanja tertinggi melalui telepon seluler di wilayah pasar Asia Pasifik. Dengan kata lain, penggunaan ponsel menjadi mainstream; dimana 66% responden berniat untuk membeli hadiah melalui perangkat mobile (smartphone atau tablet). Orang Indonesia juga berencana untuk menghabiskan 22% dari anggaran untuk membeli hadiah dengan berbelanja online, yang merupakan tertinggi kedua setelah Malaysia di wilayah Asia Pasifik. Menariknya , pembelian yang dilakukan melalui online dan mobile, dapat mencapai lebih dari setengah (53%) dari anggaran belanja hadiah, lebih tinggi daripada berbelanja di took yang hanya sebesar 37%, dimana hal ini menampilkan semakin populernya gaya hidup digital di Indonesia.

Terkait hasil survei ini, Indrasto Budisantoso, CEO Groupon Indonesia mengatakan, "Hasil survei kami menunjukkan bahwa Indonesia memimpin wilayah dengan kebiasaan giat mereka dalam memberi hadiah dan belanja online melalui smartphone dan tablet. Mereka juga mencari berbagai hadiah liburan dan pengalaman yang luar biasa, termasuk makan restoran, liburan dan kegiatan rekreasi di luar produk biasa seperti pakaian, sepatu, dan elektronik . Di Groupon Indonesia berkomitmen untuk memberikan penawaran terbaik baik produk maupun pengalaman perjalanan untuk membuat hidup konsumen menjadi lebih menyenangkan. Dan sepertinya hasil ini disetujui oleh 54% responden yang menyatakan bahwa mereka dapat menemukan hadiah yang orisinil dan unik di Groupon.co.id, sementara 57% responden menyatakan menggunakan aplikasi mobile Groupon Indonesia untuk berbelanja sepanjang musim liburan ini."

Orang Indonesia Mempersiapkan Belanja Hadiah LIburan dengan Baik
Hal menarik lainnya adalah, survei ini juga mendapati bahwa 8 dari 10 responden (79%) menghabiskan anggaran yang sama atau lebih untuk membeli hadiah di musim liburan ini. Kisaran jumlah dana yang dihabiskan adalah Rp 420 ribu untuk memberikan sekitar 5 buah hadiah untuk keluarga dan teman-teman. Berdasarkan survei, 51% responden telah menyiapkan aktifitas membeli hadiah ini sekurangnya 1-2 bulan sebelumnya. Meski demikian, tindak lanjut dan keinginan yang kuat untuk membeli hadiah unik menjadikan Indonesia merupakan salah satu wilayah dengan persentase terendah (38%) yang memiliki kebiasaan ‘memberikan hadiah kembali’. Di sisi lain, 43% responden mengatakan bahwa alasan utama mereka untuk berbelanja di musim liburan adalah agar dana mereka tetap sesuai dengan anggaran dan atau untuk menemukan hadiah dengan harga terjangkau.

Untuk membantu konsumen menemukan hadiah yang tepat musim liburan ini, Groupon telah meluncurkan berbagai penawaran meriah bertema liburan, teknologi, pilihan bersantap, serta beragam aktifitas liburan yang memanjakan di www.groupon.co.id. Selain itu, Groupon Indonesia telah meluncurkan aplikasi mobile versi baru untuk iPhone, iPad, dan Android yang menjadi pilihan belanja popular di musim liburan ini. Mayoritas responden (96%) mengatakan bahwa mereka berencana untuk membeli hadiah liburan melalui Groupon, sedangkan 72% responeden mengatakan akan berbelanja melalui Groupon di menit-menit terakhir.

10 Pilihan utama kategori belanja liburan paling populer (produk dan voucher) bagi orang Indonesia tahun ini adalah :

1 . Restoran (61%)
2 . Paket Liburan (59%)
3 . Pakaian dan sepatu (47%)
4 . Paket aktifitas (40%)
5 . Barang yang unik (40%)
6 . Elektronik pribadi (38%)
7 . Hiburan (31%)
8 . Voucher belanja (30%)
9 . Perawatan kecantikan atau spa (27%)
10 . Mainan (26%)