Musisi Jepang Aun J; Usung Konser One Asia Di Jakarta

Musisi Jepang Aun J; Usung Konser One Asia Di Jakarta

Jakarta, Kabarindo- Grup musik perkusi asal Jepang, Aun J, menggelar konser bertajuk "One Asia" di Jakarta, setelah sebelumnya sukses manggung di Phnom Penh (Kamboja) dan Bangkok (Thailand).

Kohei Inoue, salah satu pendiri grup Aun J, mengatakan kepada media usai konser pembukaan di Kediaman Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasunori Katori di Jakarta, Senin malam, bahwa "One Asia" sengaja dibuat untuk memperkenalkan musik Jepang kepada negara-negara ASEAN dan untuk memeringati 40 tahun hubungan persahabatan Jepang-ASEAN.

"Ini pertama kalinya kami mengadakan konser di Jakarta dan mengadakan kolaborasi dengan musisi Indonesia, Kabumi UPI," kata Inoue.

Dalam konser pembukaan Senin malam tersebut, Aun J berkolaborasi dengan kelompok perkusi Kabumi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, yang beranggotakan Syafrudin (perkusi), Deri Wardani (kecapi), Elang Rahayu (seruling). Kolaborasi tersebut memainkan musik Sunda "Es Lilin", "Badminton" dan lagu Jepang "Furusato" (kampung halaman).

Sementara itu, Aun J yang berarti "A to Z Japan", beranggotakan dua saudara kembar Kohei Inoue (taiko-drum Jepang, koto-kecapi Jepang, shinobue-seruling Jepang) dan Ryohei Inoue (taiko, shamisen-gitar Jepang), Hide (perkusi), Hideki Onoue (shamisen), Hideki Ishigaki (shakuhachi-obo Jepang), Shin Ishikawa (koto), Michiko Yamada (shinobue), dan Azumi Yamano (koto).

Selain membawakan musik kolaborasi, Aun J memainkan lima lagu berjudul "Hana" (Bunga), "Aoi Bara" (Mawar Biru), "Playback" (trio shamisen oleh Kohei-Ryohei Inoue dan Hideki Onoue), "Furusato" (Kampung halaman), dan "Umi no Michi" (Jalan Lautan).

"Hana, Furusato dan Umi no Michi merupakan lagu rakyat Jepang, sedangkan dua lainnya diambil dari album kami," kata Kohei.

Setelah konser pembukaan di Kediaman Dubes Katori, Aun J juga akan tampil di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta, pada Selasa, 10 Desember 2013.

"Aun J berkegiatan untuk memperkenalkan musik tradisional kepada anak-anak muda sehingga musik tradisional Jepang menjadi terkenal. Oleh karena itu, kami juga ingin memperkenalkannya kepada masyarakat Indonesia," kata Dubes Katori.

Usai tampil di Jakarta, Aun J akan terbang ke Hanoi, Vietnam, yang akan menjadi kota terakhir dari rangkaian konser "One Asia" seperti dilansir dari laman antaranews.