Menkes Memastikan; Persiapan BPJS Sudah 75%

Menkes Memastikan; Persiapan BPJS Sudah 75%

Jakarta, Kabarindo- Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi.

Ia mengatakan pemerintah terus melakukan berbagai persiapan menjelang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan diberlakukan 1 Januari 2014.

Menurutnya sampai pertengahan Agustus ini, persiapan tersebut sudah mencapai 75%.

"Tinggal 5 bulan lagi sebelum akhir tahun, persiapan sudah 75%, kami ingin awal tahun 2014 implementasi BPJS berjalan baik dan lancar," ujar dia saat ditemui seusai Rapat Sidang Bersama Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan RI" di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/8) seperti dilansir dari laman beritasatu.

Dia mengatakan, persiapan yang dilakukan adalah menambah jumlah tenaga medis khususnya dokter spesialis ke daerah pelosok, menambah tempat tidur dan alat kesehatan untuk rumah sakit. "Jika persiapan dilakukan secara sistematis maka implementasi BPJS juga akan baik," kata dia.

Dia menjelaskan, besar iuran bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI) naik menjadi Rp 19.225 per orang per bulan dari sebelumnya sebesar Rp 15.500. Kenaikan ini disebabkan karena subsidi bahan bakar minyak (BBM) sudah ditekan sehingga pemerintah mempunyai ruang fiskal yang bisa dipakai untuk kebutuhan lain termasuk peningkatan jaminan kesehatan.

Dia mengatakan jumlah PBI sampai saat ini berjumlah 86,4 juta jiwa yang terdiri dari fakir miskin dan orang tidak mampu.

Dia menjelaskan sistem yang digunakan BPJS adalah berdasarkan prinsip asuransi sosial dan prinsip ekuitas, dengan tujuan menjamin agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan.