Kosta Rika; Tertarik Buka Kantor Dubes Di Jakarta

Kosta Rika; Tertarik Buka Kantor Dubes Di Jakarta

Jakarta, Kabarindo- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Ia menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Luar Negeri Kosta Rika, Hon. Alejandro Solano Ortiz, di Jakarta, Selasa (10/3).

Hal tersebut merupakan kelanjutan kunjungan Menteri Luar Negeri Kosta Rika pada 29 Oktober 2013 lalu yang dipandang bersejarah mengingat baru dilakukan setelah 28 tahun pembukaan hubungan diplomatik.

"Pada kunjungan kali ini, Wamenlu Kosta Rika menyampaikan rencana pembukaan kantor kedutaan besar di Jakarta. Rencana ini sejalan dengan kebijakan relaunching “transpacific strategy” dimana Kosta Rika memandang Indonesia sebagai titik penting di kawasan," demikian keterangan Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (10/3).

Selain rencana pembukaan perwakilan, Indonesia juga berbagi pengalaman dalam keketuaan di Forum for East Asia-Latin America Cooperation (FEALAC) selama dua periode berturut-turut (2009-2011 dan 2011-2013) serta penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri (PTM) FEALAC pada 13 – 14 Juni 2013 di Bali.

Tahun ini tulis keteranggan itu, Kosta Rika menjabat sebagai Co-chair FEALAC bersama Thailand dan akan menyelenggarakan PTM FEALAC di San Jose pada bulan Agustus 2015.

Kedua pihak menyambut rencana penyelenggaraan forum konsultasi bilateral pertama antara RI - Kosta Rika yang back to back dengan penyelenggaraan PTM FEALAC. Kerja sama di bidang penanggulangan bencana juga menjadi bahasan yang patut untuk dijajaki lebih lanjut.

Di bidang ekonomi, kedua pihak sepakat meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi terutama sektor perkebunan, biofuel, eko-pariwisata dan industri spa.

Sementara di bidang sosial budaya, pertukaran kunjungan maupun pemanfaatan beasiswa yang disediakan Indonesia, diharapkan semakin mendekatkan masyarakat kedua negara. Ke depannya, kedua negara diharapkan dapat bekerja sama lebih erat dalam tataran bilateral, regional dan internasional seperti dilansir dari laman beritasatu.