Kempera; Siap Bangun 40 Rusunawa Ponpes

Kempera; Siap Bangun 40 Rusunawa Ponpes

Serang, Kabarindo- Kementerian Perumahan Rakyat (Kempera) akan membangun sekitar 40 titik rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) bagi para santri di lingkungan pondok pesantren di Banten.

Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemag Banten, Mahfudin mengatakan, pembangunan rusunawa santri ini merupakan program kerja Kementerian Perumahan Rakyat (Kempera). "Rencananya, setiap satu titik rusunawa dianggarkan sekitar Rp3 miliar," ujarnya di Serang, Rabu (13/8).

Ia mengatakan, pembangunan Rusunawa bagi pesantren ini merupakan bentuk kepedulian Kempera dalam memperhatikan kondisi pesantren, karena selama ini pesantren dinilai masih kekurangan bangunan gedung yang representatif.

Sehingga melalui program Rusunawa tersebut, pemerintah mengharapkan pesantren lebih maksimal dalam menyediakan fasilitas bagi para santrinya.

"Kita harapkan tidak ada lagi Pondok pesantren yang kumuh. Pembanguanan rusunawa ini tersebar di sejumlah daerah di Provinsi Banten seperti di Pandeglang dan Kabupaten Serang, hingga tempat lainnya dan peletakan batu pertama sudah dilakukan pekan lalu," kata Mahfudin.

Menurut Mahfudin, dengan dibangunnya rusunawa ini, ke depan khusus pesantren yang mendapatkan bantuan agar bisa menjaga dan merawat bantuan yang sudah diberikan dan meningkatkan kwalitas pendidikan bagi kemajuan peradaban Islam.

"Rusunawa ini rencananya satu ruangan bisa menampung sebanyak 40 santri, karena satu ruangan berukuran besar," katanya seperti dilansir dari laman beritasatu.