Kemdikbud Gandeng BPI; Siap Gelar AFI Di Medan

Kemdikbud Gandeng BPI; Siap Gelar AFI Di Medan

Jakarta, Kabarindo-  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerja sama dengan Badan Perfilman Indonesia (BFI) akan menggelar Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2014 di Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara pada 13 September 2014.

"Saya minta supaya acara dilakukan di luar Jakarta. Hal ini agar acara-acara yang terkait kebudayaan tak hanya terkonsentrasi di Jakarta saja," kata Dirjen Kebudayaan Kemdikbud Kacung Marijan, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, pihak Kemdikbud menggelontorkan dana senilai Rp4,7 miliar untuk penyelenggaraan acara tersebut. Sementara pemda Sumut juga turut memberikan dukungan dana meski dirjen tidak menyebut nominalnya.

Kacung Marijan berharap pelaksanaan acara penghargaan itu mampu meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap film Indonesia. "Diharapkan apresiasi masyarakat terhadap film Indonesia bisa semakin baik, para insan film agar juga semakin kreatif," katanya.

Dalam penyelenggaraan AFI, akan diberikan penghargaan Piala Dewantara kepada para pemenang dari beberapa kategori, yakni

- Penghargaan Utama yang meliputi:

    Apresiasi Film Cerita Panjang Bioskop
    Apresiasi Film Cerita Panjang Nonbioskop
    Apresiasi Film Pendek
    Apresiasi Film Dokumenter
    Apresiasi Film Animasi
    Apresiasi Film Anak


- Penghargaan Inspiratif yang terdiri dari:

    Apresiasi Adi-Karya
    Apresiasi Adi-Insani

- Penghargaan Khusus yang mencakup:

    Apresiasi Sutradara Perdana
    Apresiasi Poster Film
    Apresiasi Film Independen Pelajar
    Apresiasi Film Independen Mahasiswa
    Apresiasi Komunitas
    Apresiasi Festival Film
    Apresiasi Lembaga Pendidikan
    Apresiasi Media Cetak
    Apresiasi Media Noncetak

Film-film bioskop yang diikutsertakan merupakan film-film yang sudah diputar di bioskop pada rentang waktu 10 Oktober 2013 hingga 31 Juli 2014.

Pengumuman nominasi penerima penghargaan Piala Dewantara akan dilakukan di Jakarta pada 8 September 2014. Sementara malam puncak AFI 2014 diselenggarakan di Istana Maimun, Medan pada 13 September 2014 seperti dilansir dari laman antaranews.