Jokowi Terkenal Di Papua; Sampai Distrik Terpencil

Jokowi Terkenal Di Papua; Sampai Distrik Terpencil

Agats, Papua, Kabarindo- Distrik Atsj berada di Kabupaten Asmat, Papua. Untuk sampai ke distrik tersebut harus menggunakan speedboat selama satu jam dengan melewati sungai dan laut.

Alat transportasi menuju Asmat dengan ibu kota Agats didominasi speedboat, karena sebagian besar wilayahnya merupakan wilayah perairan.

Namun, nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) cukup dikenal di wilayah terpencil Papua. Saat wartawan Suara Pembaruan ke Distrik Atsj, pekan lalu, sejumlah warga mengaku mengagumi Jokowi. Meski sosok Jokowi belum pernah sampai ke Atsj, warga mengenalnya lewat siaran televisi. Listrik di distrik ini juga hanya bisa dikonsumsi mulai pukul 18.00 WIT sampai pukul 02.00 WIT.

“Jokowi boleh orangnya, sederhana dan apa adanya. Dia jadi presiden juga boleh, mantap. Jokowi peduli banget sama wong cilik,” kata Ibu Dede (52) pemilik warung makan yang cukup terkenal di Distrik Atsj seperti dilansir dari laman beritasatu.

Saat ditanya siapa gubernur Papua, Ibu Dede menjawab,"Tidak tahu."

Seorang guru SD Inpres di Atsj, Ibu Cici (35), juga tak mau kalah memuji Jokowi. “Lihat saja di tayangan televisi, di mana-mana namanya suka dipanggil-panggil warga dan ia ladeni dengan senyuman. Itu budaya kita,” ujarnya.

Dia berjanji bila Jokowi maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilres 2014, dirinya pasti mendukung.

Senada dengannya, Ketua Asosiasi Pengukir Asmat, Paskalis Wakaat, menilai pemimpin seperti Jokowi yang dibutuhkan rakyat Indonesia saat ini. “Dia datang dan lihat apa yang warga mau. De (dia, Red) pu (punya, Red) gaya tersendiri untuk dekat dengan masyarakat. Itu yang susah orang tiru dan tra (tidak, Red) lelah mendengarkan keluh kesah warganya,” ujar.

Paskalis mengharapkan bila kelak Jokowi menjadi presiden, ukiran Asmat bisa semakin mendunia dan para pengukirnya hidup lebih sejahtera.

Indarwati, pekerja LSM di Asmat pun tak luput memperhatikan sepak terjang Jokowi. “Gubernur DKI ini betul-betul 'mewabah'. Semua dilakukan untuk warga,” ujarnya.

Sedangkan, Indarto Tanaya yang ditunjuk dan diberikan mandat membentuk Barisan Relawan Jokowi Presiden 2014 di Jayapura, Rabu (3/7) menyatakan warga Papua mengenal Jokowi lewat tayangan televisi dan juga media online serta media sosial.

“Jokowi itu figur yang disukai rakyat. Kami semua mendukungnya. Pantas bila rakyat di kampung-kampung dan daerah pedalaman mengenalnya. Kami sedang merancang pembentukan relawan untuk mendukung Jokowi jadi presiden," tegasnya.