Jokowi Dijadwalkan Shalat Idul Fitri; Di Balai Kota

Jokowi Dijadwalkan Shalat Idul Fitri; Di Balai Kota

Jakarta, Kabarindo- Bila Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan menikmati libur Lebaran di Belitung Timur, maka Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan merayakan Lebaran di Jakarta.

Rencananya, Jokowi akan melakukan salat Idul Fitri di Balai Kota DKI, Jakarta bersama dengan pejabat dan korps pegawai Pemprov DKI Jakarta serta anggota DPRD DKI Jakarta. Dijadwalkan, salat akan dilakukan pukul 06.30 WIB pada 1 Syawal 1435 Hijriah.

Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Budi Utomo mengatakan, sampai sejauh ini Jokowi beserta istri, Iriana Widodo, dijadwalkan akan melakukan salat Idul Fitri pada Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah di Balai Kota.

"Benar, Pak Gubernur bersama dengan istri (Iriana) dijadwalkan salat di Balai Kota tahun ini," kata Budi, Sabtu (26/7).

Dalam salat Idul Fitri nanti, yang akan menjadi imam yakni H Syahrir Ali Basya SQ. Lalu yang menjadi khotib DR. Lutfi Fatulloh MA yang merupakan Direktur Pusat Kajian Hadist. Salat Id bersama keluarga besar korps pegawai Pemprov DKI sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun untuk merayakan hari kemenangan.

Biasanya, salat Idul Fitri akan digelar di halaman Balai Kota yang mampu menampung hingga 700 jamaah. Bahkan, Pemprov DKI juga mempersilakan masyarakat sekitar Kebon Sirih menunaikan ibadah salat Idul Fitri bersama di Balai Kota.

"Masyarakat sekitar, atau siapapun yang akan salat Idul Fitri di Balai Kota kami persilakan datang. Karena halaman cukup luas, bisa menampung hingga 700 jamaah," ujarnya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta, Ferrial Sofyan beserta istri juga melaksanakan salat Idul Fitri di Balai Kota. Selain itu, pemimpin SKPD beserta keluarga juga selalu terlihat ikut serta salat Idul Fitri di kantor gubernur tersebut.

Tahun lalu, saat salat Idul Fitri, Jokowi menemani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Setelah itu, Jokowi pun menyempatkan diri ke Balai Kota untuk bersilaturahmi dengan SKPD yang menunaikan salat Idul Fitri di Balai Kota DKI Jakarta seperti dilansir dari laman beritasatu.