Jerry Aurum; Gelar Pameran Karya Tunggalnya

Jerry Aurum; Gelar Pameran Karya Tunggalnya

Jakarta, Kabarindo- Bagi fotografer Jerry Aurum, memotret menggunakan latar belakang putih polos adalah sebuah konsep yang sangat sederhana dan karenanya karya yang dihasilkan bisa jadi terlihat monoton.

Namun bagi Jerry, inilah tantangan yang sesungguhnya. Bagaimana situasi yang sederhana dapat membuahkan sebuah cerita memikat yang memiliki banyak arti dan maksud. Dan tantangan inilah yang kemudian melahirkan pemikiran baru dalam proses fotografi, "Simplicity is Complicated".

Dalam buku terbarunya On White, yang resmi diluncurkan bersamaan dengan pameran tunggal di Atrium Senayan City, Rabu (17/9, Jerry menganggap karyanya ini sebagai petualangan.

Suami dari penyanyi Denada ini mencoba menampilkan sesuatu yang berbeda dari lainnya melalui kekuatan yang berbeda-beda, meski berlatar belakang sama. On White merupakan foto berlatar belakang putih polos, yang menampilkan sederet selebriti ternama dengan pose serta ekspresi yang tak biasa. Baginya, hasil akhir karya terbarunya ini tidak lebih berharga daripada proses pencapaiannya.

"Saya ingin coba kembali ke dasar. Bagaimana caranya dengan latar belakang putih polos yang sederhana, bisa menghasilkan foto yang luar biasa dan benar-benar beda. Dan itu belum pernah ada. Ini pameran yang ketiga saya dan dibuat dari tahun 2008," ungkapnya saat peluncuran buku di main atrium Senayan City, Jakarta, Rabu (17/9).

Jerry melibatkan 128 selebriti dan tokoh masyarakat, hingga pejabat, serta menghasilkan 101 karya foto dengan pendekatan yang berbeda-beda.

Beberapa diantaranya Wulan Guritno, Cathy Sharon, Mike Lewis, Aming, Agus Ringgo, Titiek Puspa, RAN, Andien dan masih banyak lagi. Begitupun sosok seperti Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Linda Gumelar, Joko Anwar, Darwis Triadi, Hanung Bramantyo, Najwa Shihab, Martha Tilaar, dan sederet nama lainnya.

"Saya nggak bisa buru-buru. Butuh waktu, karena ini seni. Akhirnya saya menuruti proses itu dan setop untuk buru-buru. Hasilnya lebih memuaskan," ungkapnya bangga.

Karyanya ini dijual dengan harga Rp 399.000.

Kendala terpenting dalam membuat buku On White, menurut Jerry adalah mempertahankan semangat dan passion dalam memotret. Fotografer ini pun mengaku mengalami proses yang melelahkan, karena harus gonta-ganti konsep seperti dilansir dari laman beritasatu.