Jakarta, Kabarindo-  Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) Utara Ruas Kebon Jeruk-Ciledug resmi beroperasi mulai Jumat.

Pengoperasian jalan tol dengan investasi senilai Rp2,22 triliun tersebut dibuka secara simbolis oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU), Djoko Kirmanto di Jakarta, Jumat.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian PU, Danis H. Sumadilaga menerangkan, tol JORR W2 Utara secara keseluruhan memiliki panjang 7,87 km dari Kebon Jeruk hingga Ulujami.

Namun, yang akan mulai beroperasi sepanjang 5,73 km (Kebun Jeruk-Ciledug) dengan tiga akses keluar atau masuk yaitu di Meruya, Joglo dan Ciledug.

"Meskipun belum beroperasi secara keseluruhan, beroperasinya segmen Kebon Jeruk-Ciledug diharapkan dapat memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mengurangi kepadatan lalu lintas pada jalan yang ada," kata Danis.

Danis menjelaskan, jalan tol dengan investor PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) tersebut hanya boleh digunakan oleh kendaraan berjenis sedan, jip, pick up/truk kecil dan bus (golongan I).

Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi jalan Ciledug Raya dan Joglo yang tidak sesuai golongan kendaraan jenis II, III, IV dan V.

"Tarif yang dikenakan untuk kendaraan yang melintas adalah sebesar Rp3.500," jelasnya.

Masa konsesi yang diberikan Pemerintah kepada PT MLJ selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) JORR W2 Utara adalah 40 tahun (terhitung 1 Januari 2005).