Indonesia Sambut Hari Hutan Internasional 2017; Diperingati PT.Korintiga Hutani

Indonesia Sambut Hari Hutan Internasional 2017; Diperingati PT.Korintiga Hutani

Gatot Soebroto, Jakarta, Kabarindo- Dalam rangka menyambut Hari Hutan Internasional 2017, berbagai pihak terus berkomitmen dan berupaya untuk melestarikan, melindungi dan membangun hutan menjadi sumber energi yang berkesinambungan.

Komitmen dan upaya itu datang dari salah satu anak perusahaan ternama Korindo Group yakni PT.Korintiga Hutani. Sebagai perusahaan yang bergerak di‎ bidang usaha perkayuan dan pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HTI), PT.Korintiga Hutani memiliki visi dan misi untuk membangun hutan secara profesional dan juga memberikan kontribusi untuk masyarakat.

"Korindo membangun hutan tanaman di Indonesia di daerah Kalimantan Tengah bukan hanya sekedar suatu usaha atau bisni‎s saja tetapi juga membangun dan mengembangkan daerah‎ serta masyarakat setempat," ujar Kim Young Cheol, Ph.D, Direktur Korindo Group Divisi Timber Plantation kepada wartawan dalam acara Hari Hutan Internasional 2017 yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Auditorium Soejarwo, gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (21/03/2017).

Kim mengatakan, pembangunan hutan tanaman ini selain menyelamatkan hutan alam, juga memberikan dampak sosial yang sangat besar bagi kehidupan dan ekonomi masyarakat setempat.

"Dengan membangun hutan tanaman, kita membuka jalan dari desa ke kota. Dulu masyarakat desa mau ke kota membutuhkan waktu berhari-hari tetapi sekarang mereka (masyarakat desa) hanya butuh beberapa jam saja," ringkas Kim.

"Hal semacam itu sangat berkontribusi besar dan turut menciptakan lapangan pekerjaan serta meningkatkan ‎ekonomi dan sosial untuk masyarakat," tambahnya.

Selain itu, Korintiga Hutani juga menjalankan program CSR dengan sasaran pembinaan masyarakat, melatih SDM untuk dapat keahlian bekerja, dan yang terpenting menjalin kerjasama kemitraan. Sehingga dalam kontribusi program CSR ini dapat dihasilkan kerjasama Hutan Tanaman Rakyat dan didirikannya gedung SMK Kehutanan.

"Saya rasa program-program pembangunan hutan tanaman ini ‎adalah suatu program yang mulia untuk mengembangkan daerah. Jadi kita mempersembahkan hasil hutan alam ini untuk daerah dan masyarakatnya," ujar Kim.

Dengan visi Membangun Hutan Tanaman Industri terbaik di dunia, Korintiga Hutani membuat pondasi yang berkesinambungan seperti menciptakan industry terpadu yang terintegrasi dengan HTI, melalui peningkatan MAI 40 m persegi, peningkatan SDM dan mekanisasi dan perluasan Hutan Tanaman dan investasi industri dengan target 15,000 Ha (HTR/HH), menambah sumber bahan baku radius 200 km dari industri. ‎

Dari pantauan rekan wartawan Kabarindo di lokasi acara, tampak antusiame masyarakat menghadiri dan ikut memeriahkan peringatan Hari Hutan Internasional 2017 tersebut. Sekitar ratusan pelajar/mahasiswa mengunjungi stand  PT. Korintiga Hutani yang mengangkat tema Hutan Tanaman Masa Depanku, "1 ha HTI Selamatkan 100 ha Hutan Alam".