Indonesia Punya KOPI; Koalisi Online Pesona Indonesia

Indonesia Punya KOPI; Koalisi Online Pesona Indonesia

Hotel Oria Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta, Kabarindo- Sinergi itu adalah solusi.

Rupanya kalimat itu tidak hanya menjadi kalimat indah penyemangat atau lip service belaka, karena pihak ASITA, tampak hadir Ketua Umum DPP, Asnawi Bahar

Inilah isi dari Deklarasi KOPI- Koalisi Online Pesona Indonesia.

Kami, jurnalis & blogger dibawah naungan AJOIN (Aliansi Jurnalis Online Indonesia) dan Kabarindo Utama tanpa syarat & ikatan apapun berkoalisi untuk:
1. Peduli merah putih dengan turut serta berperan aktif menginformasikan dunia pariwisata, perfilman, budaya, musik, fashion dan kuliner Indonesia yang berbasis good news.
2. Mengedepankan informasi positif mengenai pesona Indonesia untuk dunia.
3. Berupaya jadi saksi pertama kreativitas anak negeri dan akan mengapresiasi dalam bentuk tulisan persembahan untuk bangsa dan dunia.

Deklarasi ini ditandatangani oleh 15 blogger dan 18 jurnalis online melibatkan para narasumber seperti Asnawi Bahar, Ketua Umum DPP ASITA, Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Iqbal Alamsjah, Owner El John Tour & Travel dan pengagas Putri Pariwisata, Miss Earth, Miss Marine Tourism, Johnnie Sugiarto bersama dengan para putrinya.

Aliansi Jurnalis Online - AJOIN mewadahi KOPI menggandeng Kemenpar gelar Workshop Sinergi Jurnalis Dan Blogger. Artinya kabar baik pesona Indonesia Untuk Bangsa dan Dunia.

Sinergitas media dalam menyampaikan informasi dan berita adalah modal serta kunci keberhasilan untuk membangun dan mewujudkan kualitas dan mutu informasi yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan dunia. Seberapa besar dan seberapa pengaruh pesan, informasi, dan peran media dan sinergitas itu?

Bersama beberapa pihak yang mendukung dan mewujudkan sinergitas ini, diantaranya Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Asosiasi Tours and Travel Agent Indonesia (ASITA), Persatuan Hotel Republik Indonesia (PHRI), dan El-John Tour and Travel memberikan dukungannya untuk mewujudkan kemajuan penyampaian informasi dan meningkatkan pengembangan peran media, khususnya yang berhubungan dengan berbagai informasi wisata serta keragaman pesona di Indonesia.

Hal tersebut tentunya digelar dengan maksud dan tujuan untuk menyamakan visi dan menyatukan misi untuk mengangkat citra Pesona Indonesia di mata dunia dan sekaligus mengekplore berbagai destinasi yang ada.

Dalam acara workshop sinergi Pesona Indonesia di sesi awal ini, AJOIN mengemas kegiatan diskusi dengan menghadirkan nara sumber, yaitu dari perwakilan Kemenpar R.I, Dr.H.M Iqbal Alamsjah, MA, Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemanpar R.I dan Asnawi Bahar, Ketua Umum ASITA.

Pada penyampaiannya sesi awal, Asnawi Bahar menjelaskan tentang sangat perlunya dibutuhkan sinergi dalam membuat dan menyampaikan informasi dunia pariwisata serta desnitasi yang terkandung dibumi Indonesia.

"Kita perlu mengembangkan dan menggali berbagai destinasi serta bentuk wisata yang ada, seperti pariwisata kita yang eksotik & specifik, wisman Jepang itu suka amati lumut dalam air coba apalagi sektor kemaritiman lainnya yang belum digarap 100%", ujarnya.

Lanjut Asnawi jelaskan bahwa di era global saat ini, masih banyak destinasi wisata yang perlu disampaikan serta diinfokan ke publik, dan dengan melalui media lah peran yang sangat efektif dan efisien untuk senantiasa mendorong tumbuhnya dunia wisata di Indonesia.

Disamping itu, perlunya dukungan dan peran dari pemerintah dalam mewujudkan serta memperkuat kerjasama dengan media dan berbagai pihak terkait, perlu kebijakan dan terobosan yang khusus untuk meningkatkan dan mendorong industri wisata, sehingga makin banyak peminat dan wisatawan yang ingin berkunjung serta berwisata ke Indonesia.

Workshop ini diikuti kurang lebih 40an blogger dan jurnalis online.

Sementara itu Iqbal Alamsjah mengatakan, "Kita harus bersinergi untuk mewujudkan pariwisata Indonesia yang bergairah, dan media, baik blogger dan jurnalis harus mampu men-deliver hal tersebut, ujarnya.

Sesi siang menghadirkan Johnnie Sugiarto, Presiden Direktur/CEO El-John. Dan beliau tidak datang sendiri, tetapi didampingi oleh 3 dara cantik yang berstatus Miss (nona) dari perwakilan wisata dan kelembagaan seperti Miss Tourism, Miss Medical, dan Miss Marine.

"Kita perlu mendorong generasi muda untuk mampu meningkatkan dan mengembangkan industri pariwisata, dan disamping itu yang paling penting adalah bagaimana mensiasati diri dan kondisi yang realita di dunia pariwisata Indonesia", jelas Johnnie pada kesempatan berbicaranya.

Dan KOPI  punya terobosan baru dalam menjadi good partner dan good news dalam menyampaikan berita secara masif dan teraktual tentang destinasi wisata yang ada di Indonesia.

"Komunitas KOPI ini sangat luar biasa, dan dari namanya saya cukup menyakinkan bahwa KOPI dapat memberikan nilai yang positif dan dapat membuka peluang bisnis dalam industri pariwisata", pungkasnya lanjut.

Terus mengedepankan kualitas dan profesionalitas, tanpa ada batasan, tanpa ikatan dan tetap pada pemikiran positif , dan berita yang disampaikan dapat dinikmati oleh para pembaca masyarakat luas, hal inilah menjadi tolok ukur sinergitas komunitas KOPI.


Go KOPI Go................!