Indonesia Dukung Vietnam; Siap Jadi Presiden CAJ

Indonesia Dukung Vietnam; Siap Jadi Presiden CAJ

Jakarta, Kabarindo- Indonesia mendukung Vietnam menjadi tuan rumah Sidang Umum Konfederasi Wartawan ASEAN (CAJ) pada 2015 yang secara otomatis akan menjadi presiden organisasi yang dibentuk tahun 1975 itu untuk periode 2015-2017.

Dukungan penuh itu disampaikan Ketua Delegasi Sekretariat Tetap CAJ-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bob Iskandar dalam Rapat Dewan Direktur CAJ yang berakhir di Hanoi, Jumat.

"Kami tidak hanya mendukung Vietnam menjadi wakil presiden CAJ mendampingi Benny Antiporda hingga mengakhiri masa kepemimpinannya pada 2015 tetapi juga mendukung Vietnam menjadi presiden CAJ periode 2015-2017," katanya.

Dukungan Indonesia itu didasarkan pada peran dan kontribusi aktif Vietnam sebagai anggota reguler CAJ dan kesiapan Persatuan Wartawan Vietnam (VJA) menjadi tuan rumah Sidang Umum CAJ tahun depan," katanya dalam rapat yang dipimpin Presiden CAJ asal Filipina, Benny Antiporda, itu.

Selain mendukung Vietnam menduduki posisi presiden dengan mengamandemen Pasal 9 Piagam CAJ, para peserta rapat Dewan Direktur CAJ itu menyepakati pembentukan Komite Pendidikan dan Komite Hubungan Luar Negeri serta "Board of Trustees" (BoT).

Ketua Delegasi Indonesia Bob Iskandar mengatakan pihaknya mendukung pembentukan BoT atau dewan yang beranggotakan para mantan presiden, sekretaris tetap dan direktur CAJ guna memperkuat basis organisasi.

Selain itu, rapat yang diikuti para delegasi dari Vietnam, Indonesia, Filipina, Malaysia, Laos, Thailand dan Myanmar ini juga sepakat untuk mengundang Timor Leste aktif di CAJ.

Indonesia pun mengusulkan perlunya CAJ masuk dalam daftar organisasi kemasyarakatan yang diakui Annex II Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk mempermudah upaya pengurus memajukan organisasi yang dibentuk di Jakarta pada 11 Maret 1975 ini di masa depan.

Sesi pembukaan rapat Dewan Direktur CAJ yang berlangsung di Hotel Movenpick, Hanoi, itu turut dihadiri Presiden VJA yang juga anggota Komite Sentral Partai Komunis Vietnam Thuan Huu dan Wakil Menteri Penerangan dan Komunikasi Vietnam Truong Minh Tuan.

Konfederasi yang bertujuan "mendekatkan ASEAN di hati dan pikiran rakyat" di negara-negara anggota perhimpunan regional ini dibentuk asosiasi wartawan dari Indonesia (PWI), Malaysia (NUJM), Filipina (NPC), Singapura (SNUJ) dan Thailand (CTJ) seperti dilansir dari laman antaranews.