Hari Ini Gerhana Matahari; Senin Pagi

Hari Ini Gerhana Matahari; Senin Pagi

Jakarta, Kabarindo- Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari.

Fenomena alam yang menakjubkan ini akan berlangsung selama beberapa menit, karena bulan akan terus bergerak dan hanya sebagian warga bumi saja yang dapat menyaksikan, yakni di wilayah yang terjadi gerhana matahari. Wilayah itu yakni di negara-negara pinggiran Samudera Pasifik bagian Utara. Di Indonesia, fenomena ini bisa dilihat dari Sulawesi Utara dan Maluku.

Hal itu disampaikan oleh Thomas Djamaluddin, peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (20/5) seperti dilansir dari laman MIcom.

"Ya, masyarakat yang tinggal di dua daerah di Indonesia timur bisa menyaksikan gerhana sejak pukul 06.30 WIT," ujar Thomas.

Thomas juga memaparkan, gerhana akan bermula saat matahari terbit di wilayah Asia timur. Selanjutnya, bulan yang bergerak akan membentuk bayangan yang membentuk lengkungan ke utara melewati China, Jepang hingga melewati Asia Pasifik dan akan mengalami gerhana pada tengah hari. Kemudian terbenam di wilayah Amerika Serikat pada sore hari.

"Puncak gerhana matahari cincin bisa disaksikan selama 5 menit 46 detik. Sementara proses gerhana sejak bulan menyentuh matahari hingga meninggalkan matahari berlangsung selama 3 jam 20 menit," lanjutnya.

Sementara Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua akan mengalami gerhana matahari sebagian. "Di wilayah itu terkena juga dampaknya, tapi hanya sedikit," katanya.

Peristiwa ini terjadi ketika hanya sebagian bulatan matahari yang ditutup bulan. Dua daerah di Indonesia ini bisa melihat bulan menutupi 20%-40% wajah matahari.

Tahun ini gerhana matahari akan kembali terjadi pada 13 November. Ketika itu, gerhana bisa dilihat dari pulau-pulau di tengah Samudera Pasifik.

Gerhana matahari tidak dapat disaksikan secara langsung dengan mata telanjang, harus dengan menggunakan teleskop yang sudah dilengkapi filter.

Dari wilayah China, gerhana dimulai pukul 06.06 waktu China dan jatuh pada tanggal 21 Mei 2012. Lalu bergerak menuju Pasifik hingga ke wilayah Amerika Serikat memasuki tanggal 20 Mei 2012.

"Memang berjalan mundur seperti itu. Kita kan menggunakan tanggalan internasional," tungkasnya.