Garuda Indonesia Gabung PSC Dalam Tiket; Mulai 1 Februari 2015

Garuda Indonesia Gabung PSC Dalam Tiket; Mulai 1 Februari 2015

Jakarta, Kabarindo- Maskapai penerbangan plat merah Garuda Indonesia akan menggabungkan biaya Passenger Service Charge (PSC) ke dalam tiket mulai 1 Februari 2015.

Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Pujobroto mengatakan, pengutipan biaya PSC yang tersebut hanya berlaku bagi tiket penumpang untuk penerbangan mulai 1 Maret 2015. Sementara, penumpang yang terbang sebelum tanggal tersebut tidak dikutip biaya PSC ketika melakukan pembelian tiket, namun tetap membayar PSC di bandara ketika check in.

“Sedangkan bagi penumpang yang terbang diatas 1 Maret 2015 dan membeli tiket sebelum  1 Februari 2015, tetap melakukan pembayaran PSC di bandara,” kata Pujobroto di Jakarta, Minggu (25/1).

Garuda juga melakukan pengutipan biaya PSC pada saat penumpang membeli tiket penerbangan di berbagai channel distribusi seperti kantor penjualan Garuda Indonesia, contact center, travel agent, maupun melalui web.

Pengutipan biaya PSC pada tiket tersebut sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI No KP/447/2014 tanggal 9  September 2014 mengenai ketentuan pembayaran Passenger Service Charge (PSC)  pada tiket. Pelaksanaan ketentuan tersebut bekerja sama dengan pihak PT Angkasa Pura I dan II, maskapai penerbangan, dan International Air Transport Association (IATA).

“Implementasi PSC pada tiket tersebut telah sesuai dengan standar IATA, dan ketentuan ini berlaku untuk semua maskapai domestik dan internasional yang terbang dari dan ke Indonesia,” ujar Pujobroto.

Sebelumnya, Garuda Indonesia pernah melaksanakan kontrak kerjasama penggabungan PSC pada tiket dengan PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II pada Oktober 2012 hingga September 2014 seperti dilansir dari laman beritasatu.