Festival Serayu Banjarnegara 2015; Siap Digelar

Festival Serayu Banjarnegara 2015; Siap Digelar

Banjarnegara, Jawa Tengah, Kabarindo- Festival Serayu Banjarnegara (FSB) II Tahun 2015 yang akan digelar pada 26-31 Agustus, diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

Hal itu dipapar oleh Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Banjarnegara Tien Sumarwati.

"Persiapannya sudah mencapai 90 persen. Hari ini akan dilakukan pertemuan bersama Gubernur Jawa Tengah di Semarang, Insya Allah sudah siap semua dengan berbagai agenda kegiatan," katanya di Banjarnegara, Jateng, Kamis.

Ia mengatakan bahwa FSB 2015 yang salah satu kegiatannya berupa Kongres Sungai Indonesia (KSI) dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 26 Agustus.

Menurut dia, KSI akan membahas berbagai permasalahan tentang sungai di Indonesia, baik dari sisi buruknya maupun sisi baiknya, karena saat ini sungai telah masuk pada tahapan kritis.

Dalam acara KSI, kata dia, akan diadakan studium generale dengan pembicara kunci Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani beserta sejumlah menteri lainnya.

"Sebelumnya, pada tanggal 25 Agustus, ibu Puan Maharani akan meresmikan hunian tetap di lahan relokasi Desa Pandansari, Kecamatan Wanayasa," kata dia menambahkan.

Ia mengatakan bahwa pada hari pertama penyelenggaraan FSB 2015 juga akan digelar acara Banjar Banjir Dawet yang menyediakan 15 ribu gelas dawet ayu khas Banjarnegara di Balai Budaya Selamanik serta pembukaan Serayu Ekspo di Stadion Kolopaking.

Pada malam harinya, kata dia, di Balai Budaya Selamanik akan diselenggarakan pergelaran seni dari Kabupaten Purworejo.

"Selanjutnya tanggal 27 Agustus terdapat dua agenda kegiatan, yakni pergelaran lengger Klampok pada siang hari dan penampilan seni dari Pondok Tinggal Borobudur. Demikian pula tanggal 28 Agustus berupa pentas seni Lima Gunung pada siang hari dan malam harinya berupa jazzswarax," katanya.

Sementara pada 29 Agustus, lanjut dia, akan diadakan parade budaya di Jalan Dipayuda yang digelar pada malam hari dan pada 30 Agustus akan diadakan pesta "Parak Iwak" di kawasan arung jeram Sungai Serayu, Desa Singomerto, Kecamatan Sigaluh. Dalam pesta "Parak Iwak" akan dilakukan penebaran bibit ikan yang diambil dari tujuh telaga di Dataran Tinggi Dieng.

"Selain FSB 2015, pada tanggal 22 Agustus juga akan diadakan Kirab Hari Jadi Ke-184 Banjarnegara. Kami berharap rangkaian kegiatan tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banjarnegara," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.