Europe On Screen 2014; Siap Di Gelar Mei Mendatang

Europe On Screen 2014; Siap Di Gelar Mei Mendatang

Jakarta, Kabarindo- Europe on Screen (EoS) 2014 digelar kembali.

Ada sekitar 70 film dari 30 negara Eropa rencananya akan diputar pada 2-11 Mei 2014. Tak hanya di Jakarta, EoS juga akan diadakan di Aceh, Bandung, Denpasar, Makassar, Medan, Padang, Surabaya, dan Yogyakarta, bekerja sama dengan Institut Français-Indonesia, Komunitas Tikar Pandan, Padang Kreatif dan Rumah Ide Makassar.

"Panitia juga memilih film-film yang relatif baru, yang diproduksi tidak lebih dari tiga tahun yang lalu," ujar Yuliani, Promo Coordinator EoS.

Lebih lanjut, Yuliani menerangkan film yang dipilih adalah film yang memiliki nilai hiburan tinggi, untuk memupus anggapan bahwa film Eropa susah dinikmati penonton awam. "Namun, tentu saja setiap film yang diputar nanti akan memiliki nuansa budaya Eropa, sehingga ciri khasnya tetap terjaga," terang Yuliana.

Selain pemutaran film indoor, layar tancap juga akan digelar di Taman Kodok, Menteng, Jakarta Pusat. Film-film yang diputar dalam EoS ini akan dibagi dalam tiga program utama, yakni Xtra, Discovery, dan Docu. Dalam program Xtra akan diputar film yang telah banyak dikenal publik, seperti film box office, nominasi Oscar, atau Festival Film Cannes. Adapun program Discovery menyajikan film yang belum begitu dikenal di Indonesia, dan Docu menampilkan film dokumenter.

Sedangkan tiga program tambahan lainnya, yaitu delapan film keluarga dalam program Children, film Eropa klasik dalam Retro/Focus, dan Open Air Screenings alias 'layar tancap' di ruang publik. Tak hanya itu, akan diputar juga finalis kompetisi pendek EoS tahun ini, juga kegiatan seminar dan workshop. Seluruh acara dan pemutaran film ini diselenggarakan terbuka dan gratis untuk umum.

EoS awalnya diselenggarakan pada 1990 dan 1999 dengan nama European Film Festival. Baru pada tahun 2003, EoS ini diadakan secara berkala setiap tahunnya dengan nama ‘Europe on Screen’. Pada 2004 hingga 2006, EoS menjadi bagian dari Jakarta International Film Festival (JiFFest).

Hingga pada tahun 2007, EoS diadakan secara independen dengan dukungan dari 27 negara anggota dan 6 negara kandidat Uni Eropa seperti dilansir dari laman moviegoers.