Bill Gates Sambangi Jakarta; Hari Ini.....!

Bill Gates Sambangi Jakarta; Hari Ini.....!

Jakarta, Kabarindo- Orang superkaya dunia dengan kekayaan US$ 77,8 miliar tahun 2013, Bill Gates, Sabtu (5/4) siang ini akan tiba di Jakarta untuk menggalang dana filantropi bagi kepentingan bangsa Indonesia.

Delapan pengusaha nasional akan berpartisipasi dalam filantropi itu. Indonesia membutuhkan dana besar untuk pemberantasan penyakit TBC dan malaria.

"Delapan pengusaha nasional yang akan memberikan filantropi sudah siap. Mereka bukan pengusaha papan atas, bahkan nama mereka hampir tak pernah muncul dalam pemberitaan media massa," kata Ketua Yayasan Tahir Foundation Dr Dato Tahir MBA dalam diskusi dengan sejumlah pemimpin redaksi, Jumat (4/4).

Kedelapan pengusaha itu sudah menyatakan komitmen untuk menyumbang US$ 5 juta atau sekitar Rp 55 miliar per orang. Dana ini disetor secara bertahap dalam rentang waktu lima tahun. Sekitar 75% dana itu disumbangkan kembali untuk bangsa Indonesia lewat Global Fund. Sisanya sebesar 25% digunakan Bill & Melinda Gates Foundation untuk pembasmian penyakit polio di sejumlah negara, terutama di Afrika.

"Saya tahun lalu sudah menyatakan komitmen untuk menyumbang US$ 103,5 juta kepada Bill & Melinda Gates Foundation," kata Tahir. "Saya harus membayar dalam tempo lima tahun terhitung sejak tahun lalu," tambah pendiri dan chairman Mayapada Group itu.

Tahir adalah orang Indonesia pertama yang ikut serta dalam kegiatan Bill & Melinda Gates Foundation dalam mengalang dana untuk bangsa Indonesia. "Saya tertarik untuk ikut serta karena filantropi itu untuk Indonesia juga. Lagi pula, visi filantropi yang diemban Bill & Melinda Gates Foundation sangat baik," kata Tahir.

Visi Filantropi Bill & Melinda Gates Foundation, demikian Tahir, adalah sebuah komitmen jangka panjang dan terencana.

"Visi ini yang benar. Kita tak boleh memberikan filantropi berdasarkan emosi atau reaksi sesaat, tapi harus menjadi komitmen jangka panjang dan terencana," ujarnya.

TBC dan Polio

Dana filantropi yang dikumpulkan Filantropi Bill & Melinda Gates Foundation buat Indonesia saat ini terutama untuk membasmi penyakit TBC. Pengidap TBC di Indonesia sekitar 181 per 100.000 orang dengan tingkat kematian 27 per 100.000 orang.

Dana yang disetorkan ke Global Fund disalurkan ke sejumlah negara untuk keperluan pemberantasan penyakit yang akut di negara itu. Global Fund memiliki 1.000 program untuk lebih dari 140 negara. Untuk Indonesia, dana filantropi disasarkan terutama untuk pemberantasan TBC dan malaria.

Walaupun Indonesia sudah bebas polio, kata Tahir, upaya pemberantasan polio di dunia harus didukung. Karena sangat mungkin, penyakit polio yang berkembang biak di negara lain akan kembali menular ke Indonesia. Oleh karena itu, penyakit polio harus dilenyapkan dari muka bumi.

Upaya pemberantasan penyakit polio sudah sukses hingga 99%. Bill & Melinda Gates Foundation menargetkan penyakit polio diberantas tuntas tahun 2018. Meski tinggal 1%, dana yang dibutuhkan untuk memberantas polio mencapai sekitar US$ 1,5 miliar. Dana filantropi yang sudah dihabiskan untuk pemberantasan polio selama ini sekitar US$ 5,5 miliar dan dari jumlah itu, Bill Gates mengontribusi US$ 1,8 miliar.

Di Indonesia terdapat banyak orang kaya dengan asumsi kekayaan minimal US$ 1 juta atau Rp 11 miliar. Mereka yang memiliki kekayaan minimal US$ 100 juta juga ribuan jumlahnya.

"Mudah-mudahan, delapan orang yang akan menyumbang menggugah para pengusaha papan atas untuk ikut filantropi," ungkap Tahir.

Bill Gates sudah menyisihkan dana bagi kegiatan filantropi sebesar US$ 28 miliar atau sekitar Rp 313 triliun.

"Meski tidak sebesar Bill Gates, banyak orang Indonesia yang kaya dari bumi dan rakyat Indonesia. Sudah sewajarnya mereka menyisihkan sebagian kekayaan mereka untuk sesama bangsa yang belum beruntung," papar Tahir seperti dilansir dari laman laman beritasatu.