Basuki Pagi Tadi; Sukses Lepas 2.572 Peserta Mudik Bareng PGN

Basuki Pagi Tadi; Sukses Lepas 2.572 Peserta Mudik Bareng PGN

Jakarta, Kabarindo- Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ia melepas keberangkatan peserta mudik bareng yang diadakan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, hari ini.

Sebanyak 2.520 peserta mudik, yang terdiri dari pekerja tetap/organik PGN sebanyak29 orang, pekerja OS dan keluarga sebanyak 1.745 orang, komunitas bajaj pengguna BBG sebanyak 400 orang, forum wartawan sebanyak 45 orang dan karyawan beserta keluarga Pemprov DKI sebanyak 301 orang.

Peserta mudik akan dihantar pulang ke kampung halamannya di tiga provinsi, yaitu, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur. Untuk mengangkut peserta mudik, PT PGN mengerahkan 61 unit bus pariwisata AC.

Tahun ini rute mudik yang akan dilewati terdiri dari lima jalur. Diantaranya Pantura I dengan rute Cirebon-Tegal-Semarang-Demak-Kudus-Pati-Rembang; Cirebon-Tegal-Semarang-Ungaran-Salatiga-Solo dan Cirebon-Tegal-Semarang-Ungaran-Magelang-Yogyakarta.

Jalur Pantura II dengan rute Indramayu-Cirebon-Kuningan. Jalur tengah melewati wilayah Cirebon-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Kebumen-Purworejo-Yogyakarta. Jalur Selatan melewati Nagrek-Tasik-Ciamis-Majenang-Kebumen-Purworejo-Yogyakarta. Serta jalur timur melewati Madiun via Solo.

Tepat pukul 08.30 WIB, peserta mudik diberangkatkan pertama kali oleh Basuki dengan mengibarkan bendera berwarna biru. Dilanjutkan Direktur Utama PT PGN Hendi Prio Santoso melepaskan rombongan peserta mudik kedua. Lalu Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar melepaskan rombongan peserta mudik ketiga.

Hendi mengatakan, jumlah peserta mudik bareng dengan tema "Mudik Bersama Energi Baik PGN 2014" ini lebih banyak dari tahun lalu. Kalau tahun lalu PGN hanya memberangkatkan sebanyak 30 bus, maka tahun ini sebanyak 61 bus.

"Jumlah pesertanya naik tiga kali lipat. Makanya kita tambah jumlah busnya. Mudik bareng ini sudah dua kali kita laksanakan. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih banyak lagi yang ikut mudik bareng bersama PGN," kata Hendi seusai melepaskan peserta mudik bareng PGN di lapangan silang Monas, Jakarta, Jumat (25/7).

Dijelaskannya, kegiatan ini dilaksanakan sebagai konsistensi PGN dalam melaksanakan tanggung jawab sosial masyarakat, sekaligus mengakomodir antusiasme masyarakat dalam melaksanakan mudik Lebaran 2014.

"Melalui kegiatan ini kami berharap masyarakat dapat merasakan dampak energi baik PGN dan bisa berlebaran di kampung halaman bersama keluarga," ujarnya.

Pada kesempatan itu Basuki mengucapkan selamat jalan kepada peserta mudik. Dia mengharapkan perjalanan mudik berjalan dengan lancar, sehingga peserta mudik dapat kembali ke Jakarta dengan selamat.

"Semoga bapak dan ibu pulang kampung selamat, kembali selamat. Sampaikan minal aidin wal faidzin. Pemerintah banyak kekhilafan. Mohon maaf lahir batin. Supaya setelah Hari Raya Idul Fitri ini, kita bisa sama-sama membangun Jakarta baru," ucapnya seperti dilansir dari laman beritasatu.