Banyuwangi Optimistis; Jadi Destinasi Wisata

Banyuwangi Optimistis; Jadi Destinasi Wisata

Surabaya, Kabarindo- Gelar Seni Budaya yang diadakan Taman Budaya Jatim.

Itu adalah salah satu ajang promosi seni budaya dan pariwisata daerah. Acara ini merupakan program periodik setiap bulan. Pada bulan ini digelar seni budaya dari Kabupaten Banyuwangi.

Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Suprayogi, mengatakan Banyuwangi memiliki banyak potensi sehingga layak menjadi destinasi wisata di Jatim maupun dari Bali. Karena itu, pihaknya mempromosikan Banyuwangi dalam GSB ini.

“Kami ingin Banyuwangi jadi pintu gerbang Jatim dari sisi timur. Banyuwangi punya banyak potensi dan obyek wisata yang indah,” ujar pria yang biasa disapa Yogi ini di sela acara GSB Banyuwangi pada Jumat (11/5) malam.

Ia merujuk pada Pantai Plengkung yang memiliki ketinggian ombak 6 – 10 meter yang bagus dan menantang bagi peselancar dunia. Ombaknya tak kalah dengan pantai di Hawaii. Juga ada kawah Ijen dan Pantai Sukamade yang memiliki beberapa spesies penyu yang dilindungi.

Yogi mengakui, infrastruktur di Banyuwangi belum menunjang daerah ini sebagai destinasi dan masyarakatnya belum sepenuhnya sadar wisata. Namun saat ini pemkab mulai membenahinya.

Yogi optimistis Banyuwangi akan dikunjungi lebih banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Ia menyebutkan, jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara yang mengunjungi Banyuwangi terus meningkat. Pada 2010 tercatat sekitar 300 ribu wisatawan, naik menjadi sekitar 410 ribu pada 2011. Angka ini diharapkan naik lagi minimal 10% pada tahun ini.

Meningkatnya jumlah wisatawan tampaknya ditunjang oleh penerbangan yang melayani rute Surabaya – Banyuwangi PP tiap hari sekali. Rute ini dirintis pada 2010. Dulu juga ada rute Banyuwangi – Denpasar, namun hanya berlangsung 3 bulan karena load factor-nya rendah.

Yogi optimistis, rute ini bisa segera dibuka lagi karena kini peminatnya meningkat. “Mudah – mudahan ada maskapai yang berminat menerbangi Banyuwangi – Denpasar sehingga bisa menjaring lebih banyak wisatawan dari Bali,” ujarnya.