Banyuwangi Jazz Beach Festival; Siap Di Gelar

Banyuwangi Jazz Beach Festival; Siap Di Gelar

Surabaya, Kabarindo- Sejumlah musisi jazz papan atas Indonesia dijadwalkan tampil pada konser "Banyuwangi Jazz Beach Festival" dalam rangka memeriahkan rangkaian kegiatan Banyuwangi Festival 2013.

Ketua Panitia Banyuwangi Festival, Choirul Ustadi, ketika dihubungi di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat, mengemukakan musisi jazz yang siap tampil di "Bumi Blambangan", antara lain Sandhi Sandoro, Glenn Fredly, dan Tompi, yang tergabung dalam Trio Lestari.

"Kehadiran ketiga musisi jazz ibu kota itu dipastikan akan mendapatkan sambutan luar biasa dari penggemar musik di Banyuwangi dan daerah sekitarnya. Konser Banyuwangi Jazz Beach Festival digelar 16 November mendatang di Pantai Boom," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.

Selain Trio Lestari, lanjut Ustadi, konser juga menampilkan grup Jendela Ide asal Bandung dan musik jazz lokal yang dikemas berbeda dengan sentuhan musik tradisional Banyuwangi.

"Musisi jazz papan atas dipilih secara khusus dalam kegiatan ini untuk menjadi `juru bicara` Banyuwangi kepada masyarakat Indonesia dan dunia," tambah Ustadi.

Terkait kehadiran musisi jazz ternama tersebut, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat peresmian Banyuwangi Festival 2013 pekan lalu, mengatakan bahwa animo masyarakat untuk menyaksikan konser jazz itu sangat tinggi.

"Saya dapat laporan kalau 200 tiket kelas VIP seharga Rp1 juta per lembar sudah dipesan penggemar jazz, padahal penjualan tiket belum dibuka," katanya.

Menurut Anas, konser jazz di Pantai Boom merupakan salah satu rangkaian kegiatan Banyuwangi Festival 2013 untuk memberikan hiburan kepada generasi muda dan penggemar musik di daerah setempat.

Ajang tahunan tersebut telah resmi dibuka pekan lalu dengan parade budaya etnik "Banyuwangi Ethno Carnival" yang mengambil tema "The Legend of Kebo-Keboan Blambangan" dan mendapatkan sambutan luar biasa dari puluhan ribu masyarakat dan wisatawan.

Terdapat 14 agenda yang disiapkan untuk Banyuwangi Festival mulai September hingga Desember, antara lain Banyuwangi Ethno Carnival, festival batik, pagelaran Kyai Kanjeng, balap sepeda Tour de Ijen, kejuaraan nasional tenis junior, wayang kulit, Paju Gandrung Sewu, festival kuliner, dan festival kuwung.