Bakohumas; Gelar Pertemuan Tematik Tentang Efektivitas Peran Humas

Bakohumas; Gelar Pertemuan Tematik Tentang Efektivitas Peran Humas

Lemhanas, Jakarta, Kabarindo- Forum Koordinasi dan Kerja sama antar humas pemerintah dari Lembaga Pemerintah, Lembaga Negara, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Hari ini, Bakohumas gelar pertemuan tematik antar kehumasan (Bakohumas) dari berbagai instansi pemerintahan.


Kegiatan ini digelar dalam rangka melayani dan mengelola informasi agar masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan Nasional.

Bakohumas berkomitmen, sebagai Humas Pemerintah diharapkan mampu mengirimkan pesan pemerintah atau narasi tunggal secara efektif ke masyarakat luas (publik).

Hal ini dikarenakan masyarakat mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap kinerja pemerintah.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo R.I, Ir. Djoko Agung Harijadi M.M mengatakan "Humas harus sejalan dengan dinamika informasi yang berkembang, agar dapat memenuhi kebutuhan akses informasi publik yang profesional" katanya pada kesempatan sambutan pembukaan acara Pertemuan Tematik Bakohumas di Auditorium Dwiwarna Purwa Lemhannas R.I

Acara kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB, diawali dengan penyampaian  susunan kegiatan oleh Ketua Panitia acara, Hestu Prabowo, yang diantaranya disampaikan, agenda acara untuk dialog berkelompok dan pemahaman wawasan kebangsaan bagi para peserta selama diselenggarakannya kegiatan ini, mulai 2-4 September 2015.

Dengan kolaborasi bersama antara Lemhannas R.I dengan Bakohumas Pusat, kegiatan ini ditetapkan dengan tema "Efektivitas Peran Humas Dalam Implementasi Inpres No.9 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Komunikasi Publik".

Adapun maksud tema tersebut bertujuan guna sosialisasi Inpres, dalam merespon dinamika lingkungan strategis yang berkembang saat ini.
Lemhannas R.I memandang pertemuan ini sebagai momentum kegiatan yang mengingat bahwa Humas merupakan organ inti organisasi yang memiliki peran vital dan strategis untuk kemajuan organisasi modern dan juga humas pemerintah adalah agen-agen perubahan yang mampu menjadi ujung tombak dalam meningkatkan nasionalisme masyarakat  dan mensosialisasikan kehidupan berbangsa dan bernegara yang berwawasan kebangsaan, jelas Laksdya TNI Didit Herdiawan, Wakil Gubernur Lemhannas R.I, dalam sambutannya membuka kegiatan Pertemuan Bakohumas di hadapan kurang lebih 425 peserta dari berbagai instansi.

Dalam perspektif ketahanan nasional, kehumasan pemerintah perlu mengembangkan pola pikir, pola sikap dan pola tindak humas pemerintah yang memahami pentingnya penguatan wawasan kebangsaan masyarakat luas melalui perubahan paradigma dan mindset humas pemerintah yang sinergis, adaptif dan profesional yang mampu mengkomunikasikan dan menjembatani kebijakan pemerintah guna mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh, jelas Didit Herdiawan, saat acara konferensi pers, yang diselenggarakan usai sambutan pembukaan acara tersebut.