BRI Peduli; Gelar Bersih–Bersih Malioboro

BRI Peduli; Gelar Bersih–Bersih Malioboro

Yogyakarta, Kabarindo- Bertandang ke Yogyakarta yang dikenal dengan “Museum Hidup Kebudayaan Jawa”, terasa kurang lengkap tanpa mampir ke jalan yang telah banyak menyimpan berbagai cerita sejarah perjuangan bangsa Indonesia, serta dipenuhi beraneka cendera mata.

Jalan tersebut adalah jalan Malioboro, yang merupakan jalan yang sangat terkenal di Yogyakarta. Saking terkenalnya mungkin orang merasa belum afdal kalau berkunjung ke Yogya tanpa mampir di jalan yang sangat fenomenal tersebut.

Sejak zaman dulu, Malioboro telah menjadi pusat kota dan pemerintahan. Berbagai gedung sejarah menjadi saksi perjalanan Malioboro dari sebuah jalanan biasa hingga menjadi salah satu titik terpenting dalam sejarah Yogyakarta.

Membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta, saat ini Malioboro menjadi salah satu pusat wisata yang sangat penting dan turut melambungkan nama Yogya sebagai kota tujuan wisata. Sebagai salah satu ikon wisata Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta yang tak pernah sepi pengunjung, sudah sepantasnyalah berbagai pihak ikut menjaga dan memelihara kebersihan, serta keindahan kawasan wisata ini.

Seperti halnya yang dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sebanyak 250 orang dengan mengenakan kaos berlogo Bank BRI ambil bagian dalam membersihkan Jalan Malioboro. “Dikoordinir oleh Bank BRI Kanwil Yogya, teman – teman yang terdiri atas petugas kebersihan, tenaga pengamanan yang berasal dari dinas – dinas terkait dan komunitas – komunitas pedagang yang biasa mangkal di jalanan tersebut sangat antusias membersihkan sampah – sampah yang berserakan di sepanjang jalan Malioboro dari tanggal 27 Desember 2014 hingga tanggal 2 Januari 2015,” ujar Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Budi Satria.

Budi mengatakan, acara bersih – bersih Malioboro tersebut dalam rangka mendukung pemerintah kota Yogya menjaga kebersihan kawasan Malioboro menjelang, saat dan pasca perayaan tahun baru 2015. Titik – titik sampah cukup banyak ada di jalan Malioboro karena titik – titik tersebut menjadi tempat berkumpulnya masyarakat untuk merayakan pergantian tahun. “Data dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogya menyebutkan, terjadi peningkatan volume sampah di Kota Yogya, dari 220 ton per hari, menjadi 240 ton per hari pada momen perayaan malam pergantian tahun,” jelas Budi.

Budi juga mengungkapkan, bahwa kegiatan bersih – bersih pada 27 Desember 2014 hingga 2 Januari 2015 tersebut merupakan kelanjutan dari kegiatan bersih – bersih sebelumnya yang dilaksanakan menjelang perayaan HUT ke 119 BRI pada 5 Desember 2014 dengan melibatkan ratusan pekerja Kanwil BRI Yogya.

Lebih lanjut Budi berharap, kegiatan seperti ini bisa menjadi rutinitas tahunan serta inspirasi bagi semua unsur masyarakat untuk turut menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan yang ada di sekitarnya seperti dilansir dari laman kompas.