Alfamart Group; Suntikkan Rp 31 M Ke Bank Sahabat

Alfamart Group; Suntikkan Rp 31 M Ke Bank Sahabat

Jakarta, Kabarindo– PT Bank Sahabat Sampoerna (BSS) akan menambah modal sekitar Rp 30,8 miliar yang merupakan suntikan dana dari pemegang saham minoritas, Alfamart Group.

Dengan adanya tambahan modal tersebut, rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) perseroan akan meningkat menjadi 20,4 persen pada akhir tahun.

Direktur Keuangan BSS Agresius R Kadiaman mengatakan, dengan menginjeksi dana sekian miliar tersebut, grup yang memiliki jaringan ritel cukup luas tersebut akan meningkatkan porsi sahamnya hingga 18 persen. Saat ini, porsi saham Alfamart Group sekitar 10,8 persen, setelah mengakuisisi saham yang dimiliki PT Cakrawala Mulia Prima sebelumnya.

“Perubahan porsi sahamnya September ini, setoran dana sudah subscribed (dilakukan), sekarang sedang menunggu izin dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM),” kata Agresius dalam jumpa pers Hari Pelanggan Nasional 2013 di Gedung Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Rabu (4/9) seperti dilansir dari laman beritasatu.

Dengan begitu, porsi saham yang dikuasai pemegang saham mayoritas yaitu Grup Sampoerna akan berkurang menjadi 81 persen. Sedangkan 1 persen masih tetap dimiliki oleh individual, yaitu Bapak Eka. Agresius mengatakan, per Juni 2013, CAR perseroan masih tercatat sebesar 21,27 persen.

“CAR akan menurun ke sekitar 20 persen karena perseroan masih menargetkan pertumbuhan kredit hingga 40-45 persen atau menjadi Rp 2,4 triliun,” kata dia seperti dilansir dari laman beritasatu.

Sedangkan modal inti ditambah modal pelengkap mencapai sekitar Rp 360 miliar dan diharapkan setelah mendapatkan suntikan modal akan menjadi sekitar Rp 385 miliar.

Direktur Utama BSS Indra W Supriadi menambahkan, hingga Juni 2013, pertumbuhan kredit telah mencapai sekitar 20 persen atau menjadi Rp 1,6 triliun.