Akhir Pekan Bersama JokoWI; Kampanye Jakarta Bersih

Akhir Pekan Bersama JokoWI; Kampanye Jakarta Bersih

Jakarta, Kabarindo- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi).

Ia melakukan aksi kampanye Jakarta Bersih bersama grup band ternama Indonesia, Slank saat Car Free Day (CFD) di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (8/9).

Lagu Mars Slankers menjadi pembuka acara yang dipenuhi oleh warga yang datang ke CFD tersebut. Jokowi yang didampingi istrinya, Iriana, juga ikut bernyanyi bersama Slank. Mereka menyanyikan salah satu lagu andalan Slank, Ku Tak Bisa.

Sebelumnya, Jokowi berpesan kepada masyarakat yang hadir dan seluruh warga Jakarta agar memiliki rasa tanggung jawab untuk peduli terhadap sampah yang ada di Jakarta.

"Saya ajak Slank, selain untuk jadi Duta Kebersihan di Jakarta, juga terutama dari sampah dan kebersihan ini harus jadi tanggung jawab kita bersama antara masyarakat dan pemerintah," ujar Jokowi saat berbicara di hadapan masyarakat yang hadir.

Jokowi mengatakan permasalahan sampah jangan seluruhnya dilimpahkan kepada Dinas Kebersihan. Peran serta dari masyarakat pun sangat dibutuhkan, karena apabila Dinas Kebersihan sendiri yang menanganinya tidak akan mampu. Terlebih, sampah di Jakarta per harinya mencapai 6.000 ton.

"Dari 6.000 ton sampah per hari, 2.000 ton itu dibuang ke kali, selokan, dan sungai. Ini kesalahan terbesar kita, sehingga ini harus dihentikan," katanya seperti dilansir dari laman beritasatu.

Jokowi juga berharap agar Jakarta bisa berubah menjadi bersih dan menciptakan Jakarta yang bebas dari sampah.

Dalam acara tersebut, masyarakat pun tampak antusias ikut bernyanyi bersama Slank dan mencermati pesan-pesan yang disampaikan oleh Jokowi. Selanjutnya, Dinas Kebersihan pun melakukan aksi bersih-bersih Kali Krukut yang berada di sekitar Tanah Abang.