Ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an Internasional Ke-3; Mulai Digelar Hari Ini

Ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an Internasional Ke-3; Mulai Digelar Hari Ini

Jakarta, Jakarta, Kabarindo- Kegiatan untuk memperdalam pemahaman dan pengamalan terhadap kitab suci al-Quran, dan mempererat hubungan antar negara-negara muslim di dunia, hari ini.

Indonesia menggelar kembali suatu kegiatan/even MTQ Internasional yang melibatkan beberapa negara sahabat.

Even ini adalah ke-3 kalinya yang digelar oleh Kementerian Agama, sebagai bentuk partisipasi Indonesia pada even Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) International, yang secara tidak langsung mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia, khususnya dunia muslim.

Dan disamping itu, penyelenggaraan ini, adalah merupakan upaya negara Indonesia dalam mendorong dan mewujudkan iklim regional dan internasional yang kondusif untuk kesejahteraan umat manusia serta sekaligus memperkokoh dan memelihara hubungan bilateral dan multilateral antar negara sahabat, khususnya dalam hal syiar keagamaan.

Kegiatan MTQ International ke-3 ini, melibatkan tidak kurang dari 21 negara dan ini adalah merupakan ajang yang sangat baik di tingkat Internasional, ujar Lukman Hakim, Menteri Agama Republik Indonesia pada acara konferensi pers yang dimulai pukul 14.30 WIB di lobby Kantor Kementerian Agama.


Beberapa dewan juri juga telah mempersiapkan untuk setidaknya ada dua hal yang dinilai dalam kompetisi membaca al-Qur'an, yaitu pertama tilawahnya dan kedua adalah hafalannya.

Adapun negara-negara yang ikut partisipasi dalam MTQ International ke-3 2015 ini, diantaranya Malaysia, Philipina, Singapura, Brunei, Uni Emirat Arab, Thailand, Maroko, Inggris, Amerika Serikat dan lainnya, ungkap Menteri Agama lanjut. Kegiatan MTQ ini akan dilaksanakan di Mesjid ISTIQLAL dari tanggal 01 hingga 04 September 2015, jelas Lukman Hakim menutup acara konferensi pers sore ini.


Dengan Indonesia sebagai tuan rumah yang ke-3 kalinya ini, hal ini menandakan bahwa Indonesia sebagai negara besar yang berpenduduk mayoritas muslim dapat mengambil peran yang cukup penting ditengah besarnya animo negara-negara muslim dunia yang inten dalam pengembangan dan pengamalan terhadap kitab suci al-Qur'an serta menunjukkan bahwa Indonesia cukup diperhitungkan oleh bangsa-bangsa di dunia, sebagai negara yang aktif melestarikan al-Qur'an.

Dan dengan kegiatan ini, Indonesia telah berupaya menjaga perdamaian di tingkat regional dan internasional.



Sukses MTQ International ke-3....