APRN 2015; Gelar Konferensi Public Relations Se-ASEAN

APRN 2015; Gelar Konferensi Public Relations Se-ASEAN

Batam, Kabarindo- ASEAN Public Relations Network (APRN) mengadakan The 1st ASEAN Public Relations Summit di Harris Hotel Batam Center-Batam pada tanggal 5 Februari 2015 dengan mengangkat tema “Public Relations Practices in ASEAN Economic Community: Friendship and Mutual Understanding Among ASEAN Practitioners”.

Kegiatan ini menghadirkan diskusi panel dengan narasumber para praktisi Public Relations (PR) dan akademisi komunikasi representatif Negara-negara di ASEAN.

Diskusi panel akan dibagi menjadi dua sesi dengan dua topik yang berbeda yaitu “The PR Ethics Practice in AEC” dengan pembicara Arif Prabowo-Head of Corporate Communications PT. Telkom,Tbk, Agung Laksamana,M.Sc,IAPR-Chairman of Public Relations Association of Indonesia (Indonesia), Kathy O’Brien-Managing Director of Red Shoe Communications (Singapore) dan Ramon R.Osorio-VP/Head Corporate Communications ABS-CBN and President of Public Relations Society of The Phillippines (Filipina) serta dimoderatori oleh Leila Djafaar,SS,MM,IAPR-EVP Head of Corporate Affairs Bank Permata (Indonesia),Tbk untuk sesi pertama.

Di sesi kedua, topik yang diangkat adalah “Cross Cultural & PR in AEC” dengan pembicara Dato’ Haji Ibrahim Abdul Rahman–Director General Department of Information Ministry of Communication and Multimedia and President of Institute of Public Relations Malaysia (Malaysia), N.Nurlaela Arif-Head of Corporate Communication PT. Biofarma, Gatot S.Dewa Broto-Deputy V State Minister for Youth and Sports Affairs (Indonesia) dan Prof.Dr. Parichart Sthapitanonda,P.hD-Professor at Faculty of Communication Arts Chulalongkorn University (Thailand).

“Persaingan untuk profesional yang bekerja di bidang PR semakin meningkat seiring dengan keterbukaan profesi ini bagi setiap orang yang memenuhi kualifikasi yang diperlukan. Kita tidak punya pilihan selain mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan diri kita termasuk di dalamnya rasa percaya diri sebagai PR. Oleh karena itu APRN memiliki peran untuk menyediakan platform untuk PR Praktisi di ASEAN untuk networking, menjalin persahabatan, saling terhubung dan juga berkolaborasi. Saya percaya dengan konektivitas dan ikatan Praktisi PR ASEAN dan akademisi akan membuat kita lebih kuat, lebih baik dan lebih berdampak untuk menghadapi tantangan di luar ASEAN.”Ujar Prita Kemal Gani, MCIPR,APR (UK)-President of APRN.

ASEAN Public Relations Network (APRN) diresmikan pada tanggal 2 Juni 2014 di ASEAN Secretariat, Jakarta, Indonesia. Berawal dari ide Prita Kemal Gani MBA, MCIPR, APR, Founder and Director London School of Public Relations (LSPR) – Jakarta sekaligus juga Ketua Umum PERHUMAS 2011 – 2014 dari Indonesia, bersama dengan Krishnasamy Bhavany, MA, President of Institute of Public Relation Singa­pore 2002 - 2009 dan Shameem Abdul Jalil, APR, FIPR, Former President of Institute of Public Rela­tion Malaysia 2003 – 2007, para pemimpin organisasi public relations ini kemudian berinisiatif untuk membentuk wadah bagi para PR ASEAN untuk saling terhubung, menjalin persahabatan dan membangun pengertian bersama bersiap menghadari ASEAN Community dan apabila sudah terlaksana, dapat terus berkolaborasi dan menjadi suara dari ASEAN yang akan memperkuat ASEAN di mata dunia. Setelah acara peresmiannya, pada tanggal 3 Juni 2015, APRN mengadakan The First ASEAN Public Relations Network Conference bertempat di Prof. Djajusman Auditorium & Performance Hall, LSPR – Jakarta.