AMD Punya Kartu Grafis Server Super Pertama; Kapasitas Memori 12GB

AMD Punya Kartu Grafis Server Super Pertama; Kapasitas Memori 12GB

Surabaya,  Kabarindo- AMD memiliki kartu grafis terbaru FirePro S10000 12GB Edition yang dijadwalkan mulai tersedia pada musim semi 2014.
 
Kartu ini didesain untuk komputasi big data dan high-performance computing (HPC) untuk performa single precision dan double precision.
 
FirePro S10000 12GB Edition didukung PCI Express 3.0 dan dioptimalkan untuk memanfaatkan bahasa pemrograman OpenCL, FirePro S10000 12GB Edition, dilengkapi ECC memory dan DirectGMA untuk dapat bekerja secara paralel dalam skala sangat besar dengan memanfaatkan arsitektur Graphics Core Next (GCN).
 
Kartu grafis FirePro S10000 12GB Edition menjadi solusi menarik untuk beberapa jenis pekerjaan dan kebutuhan seperti:

·         Compute/Visualization Server: keuangan, eksplorasi minyak, ilmu penerbangan dan otomotif, desain, geofisika, ilmu fisika, pertahanan dan obat-obatan
·         Double precision: penghitungan genetika, komputasi dinamis, mekanika sruktural, analisis angka, simulasi tanah atau waduk, penalaran otomatis dan prakiraan cuaca
·         Single precision: proses seismik, penggambaran satelit, simulasi pengujian efek tabrakan, pengolahan video, konversi video, dan rendering digital
·         Ultra High-end Workstation (yang membutuhkan komputasi  GPU dan performa grafis 3D): teknik komputerisasi gas dan minyak
 
David Cummings, Senior Director & General Manager Professional Graphics AMD, mengatakan pelanggan aplikasi komputasi AMD membutuhkan solusi yang menawarkan produk dengan peningkatan memori untuk menunjang data dalam jumlah besar untuk membuat produk dan layanan.
 
“Sebagai jawabannya, kami mengumumkan peluncuran kartu grafis FirePro S10000 12GB Edition untuk memenuhi kebutuhan kapasitas memori besar yang mendukung OpenCL dan teknologi komputasi high-end terkini,” ujarnya pada Rabu (20/11).
 
Menurut Nicolas Duny, VP R&D Technologies, Dassault Systèmes, AMD menyediakan grafis 3D kelas atas dan solusi komputasi GPU berbasis OpenCL Khronos Group yang digunakan dalam industri dengan meluncurkan kartu grafis FirePro S10000 12GB.
 
Laurent Bertaux, CEO CAPS, menambahkan pelanggan selalu mengharapkan tambahan memori. Dengan diluncurkannya kartu grafis FirePro S10000 12GB Edition, aplikasi - aplikasi penting dapat mengambil keuntungan dari kemampuan komputasi grafis yang dimilikinya.
 
Sebagai produsen software untuk komunitas HPC, CAPS menyadari ini merupakan kesempatan besar bagi pelanggan untuk meminimalisir bottleneck atau ketimpangan ketika melakukan transfer data, juga untuk meningkatkan performa aplikasi secara keseluruhan. CAPS FORTAN dan C compilers untuk OpenCL bisa memanfaatkan kapasitas memori sebesar 12GB yang ditawarkan oleh kartu grafis FirePro terbaru.
 
FirePro S10000 dengan memori 6GB saat ini sudah tersedia, sedangkan FirePro S10000 12GB Edition dijadwalkan akan tersedia pada musim semi 2014.