AMD; Luncurkan Opteron A1100 SoC

AMD; Luncurkan Opteron A1100 SoC

Surabaya, Kabarindo- AMD meluncurkan Opteron A1100 System-on-Chip (SoC) yang sebelumnya dikenal dengan kode "Seattle ".
 
Bersama dengan perangkat lunak dan perangkat keras mitranya, AMD tengah mempercepat waktu penyebaran sistem berbasis ARM  dan mengendalikan laju dukungan ekosistem ARM untuk pusat data.
 
“Ekosistem untuk ARM di pusat data mendekati titik perubahan dan sebagai pelengkap prosesor berkinerja tinggi AMD merupakan langkah maju bagi pelanggan yang mencari solusi pusat data kelas ARM.  Tren konvergensi makro antara jaringan, penyimpanan dan server merupakan katalis penting dalam evolusi ini. Pelanggan sekarang memiliki akses ke prosesor ARM 64-bit," ujar Scott Aylor, Corporate Vice President and General Manager Enterprise Solutions AMD dalam rilis yang diterima pada Rabu (20/1/2016)
 
Lakshmi Mandyam, Director of Server Systems and Ecosystems ARM, mengatakan prosesor Opteron A1100 SoC membawa pilihan baru dalam skalabilitas di seluruh infrastruktur jaringan dan pusat data.
 
“AMD mengusung keahlian yang diakui di pasar server dan perangkat tertanam, menjadikan mereka mitra yang ideal untuk menghadirkan prosesor ARM 64-bit dengan keseimbangan antara kinerja yang mengagumkan serta daya yang efisien dalam mengatasi rangkaian beban kerja yang semakin beragam," ujarnya.
 
Opteron  A1100 Series SoC adalah platform 64-bit pertama berbasis ARM Cortex-A57 dari AMD. Memanfaatkan prosesor ARM Cortex-A57 dengan jaringan dan konektivitas penyimpanan berkecepatan tinggi serta efisiensi energi yang luar biasa, Opteron A1100 Series SoC memberikan total biaya kepemilikan yang seimbang untuk penyimpanan, web dan beban kerja jaringan.
 
Opteron A1100 SoC memperkuat sistem kelas enterprise dari SoftIron dengan sistem Overdrive 3000 untuk para pengembang, sebagaimana jajaran dari solusi Software Defined Storage mendatang yang memanfaatkan fitur melimpah yang dimiliki prosesor ini.
 
“Rahasia menarik dari Opteron A1100 SoC bukan hanya core, namun semua di sekitar inti. Jika Anda memiliki aplikasi yang perlu untuk memindahkan data dalam jumlah besar dengan cepat, maka Anda akan menyukainya,” kata Norman Fraser, CEO of  SoftIron.
 
AMD juga berkolaborasi dengan Silver Lining Solutions (SLS) untuk mengintegrasikan teknologi fabrikasi SLS (komputasi modular) dalam desain server solid yang inovatif menampilkan Opteron A1100 Series serta ditargetkan untuk kebutuhan streaming, web dan beban kerja storage untuk cloud dan pusat data hyperscale. SLS Fabric Interconnect menggabungkan latensi rendah, transfer data 60Gbps yang hemat energi dan tersedia sebagai PCI Express expansion card atau modul ASIC standalone untuk aplikasi server kustom.
 
Dr. Ping-Kang Hsiung, Managing Director of Silver Lining Systems, mengatakan pihaknya gembira bekerja sama dengan AMD. “Menggabungkan kemampuan prosesor Opteron A1100 yang efisien dengan teknologi fabrikasi kami yang unik akan membantu menurunkan biaya serta kebutuhan daya dari komputasi dan penyimpanan hyper scale,” ujarnya.
 
Selain inovasi silikon, AMD berperan dalam mendukung ekosistem software ARM 64-bit, komponen penting untuk setiap prosesor baru serta telah bekerja sama dengan para pemimpin Enterpise Linux Red Hat dan SUSE pada sistem operasi dan dukungan pada aplikasi.
 
“Red Hat dan AMD berbagi visi dalam membangun sebuah platform terbuka yang merupakan ekosistem standar perangkat lunak yang memiliki desain terpusat berbasis arsitektur ARM 64-bit. Sebagai salah satu peserta pertama dalam Red Hat's ARM Partner Early Access Program, AMD telah berperan dalam pengujian dan adaptasi software dari platform Enterprise Linux ke dalam arsitektur ARM 64-bit”, kata Ranga Rangachari, Vice President and General Manager Storage Red Hat.
 
“Kehadiran Opteron A1100 SoC merupakan tonggak bersejarah untuk ekosistem yang memiliki infrastruktur terpusat (CI) untuk penyimpanan, jaringan dan komputasi,” imbuhnya.