890 Pendonor Darah Sukarela; Terima Penghargaan

890 Pendonor Darah Sukarela; Terima Penghargaan

Semarang, Jawa Tengah, Kabarindo- Awal pekan ini.

Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah, Senin  (10/10) memberikan penghargaan kepada 890 Pendonor Darah Sukarela pada acara Penyerahan Penghargaan dan Temu Donor Darah Sukarela (DDS) Tahun 2016 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang.

Ketua PMI Jateng, Imam Triyanto mengatakan bahwa  Penyerahan Penghargaan dan Temu Donor Darah Sukarela ke 50 dan 75 kali merupakan acara rutin yang dilaksanakan 1 (satu) tahun sekali bersamaan dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (PMI) Palang Merah Indonesia.

“Tahun ini Pendonor yang akan dihadapkan kepada Gubernur untuk menerima penghargaan sebanyak 890 orang terdiri dari DDS (Donor Darah Sukarela)   ke 50 kali sebanyak 647 orang dan DDS (Donor Darah Sukarela)  ke 75 kali sebanyak 243 orang”, Ucapnya

UTD (Unit Transfusi Darah) PMI di Jawa Tengah selalu berupaya semaksimal mungkin untuk dapat dan mampu menyediakan darah yang aman dan siap pakai dalam jumlah cukup dengan biaya terjangkau.

”Berdasarkan data di PMI Provinsi Jawa Tengah, sampai dengan pertengahan tahun 2016 terkumpul sebanyak 127.364 kantong darah, dengan jumlah Donor Darah Sukarela (DDS) sebesar 99% dan Donor Darah Pengganti (DDP) sebesar 1%, terdiri dari pendonor pria 73%; pendonor wanita 27%; kelompok umur 17-30 sebesar 43%; kelompok umur 31-40 sebesar 37%; kelompok umur 41-59 sebesar 19%; kelompok umur lebih dari 60 tahun ke atas sebesar 1%”. Jelasnya

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam sambutannya menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan ini tidak ada artinya dibandingkan dengan keikhlasan para pendonor yang dengan dengan rela menyumbangkan darahnya.

”Jumlah perolehan darah di Jawa Tengah saat ini sekitar 127.364 Kantong jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di Jawa Tengah sekitar tiga puluhan ribu jiwa maka perlu ditingkatkan lagi, sehingga ketersediaan akan kebutuhan darah bisa dipenuhi”

PMR Teladan
Dalam acara yang sama juga diserahkan penghargaan untuk Palang Merah Remaja (PMR) Teladan tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk PMR Madya (SMP sederajat) dan PMR Wira (SMA sederajat).

Yakni SMP Jekulo-Kudus, SMPN 2 Balapulang-Tegal, SMP Batik-Kota Surakarta, SMPN 2 Adimulya-Kebumen, MTs N Nusawungu-Cilacap, SMPN 2 Bangsri-Jepara, SMA N Ajibarang-Banyumas, SMA N Nusawungu-Cilacap, SMA N 2 Kudus-Kudus, SMK N 1 Kebumen, SMA N 5 Kota Surakarta, SMA N 1 Blora.