5CM & Habibie Ainun; Bersaing Ketat Jadi Film Terbaik 2013

5CM & Habibie Ainun; Bersaing Ketat Jadi Film Terbaik 2013

Menteng, Jakarta, Kabarindo- Akhir pekan ini, paling tidak ada yang mendebarkan bagi dua PH besar tanah air.

Soraya Intercine yang sebentar lagi merilis Tenggelamnya Kapal Van Der Wicjk dengan penulis skenario Donny Dhirgantoro juga dalam film 5Cm berhasil masuk nominasi bersaing ketat dengan film Habibie Ainun dan 3 film lainnya yaitu Laura Marsha, Sang Kiai dan Belenggu.

Yah, 5Cm memang fenomenal dari novel bercover minimalis hitam telah menarik simpati penonton hampir 4 Juta dan memang yang mampu menyainginya hanya Habibie Ainun yang hampir menembus 6 Juta penonton.

Paling tidak ada 7 nominasi untuk Habibie Ainun termasuk menempatkan Reza Rahadian dikursi nominator aktor utama terbaik yang memerankan sosok tokoh bangsa, BJ Habibie. Sementara film 5Cm untuk sutradara terbaik, Rizal Mantovani dengan total nominasi untuk film 5Cm adalah 5 nominasi saja.

Tapi beberapa kritikus yang tidak mau disebutkan namanya tiap ajang FFI selalu punya cerita dan ibarat bumi yang bulat tanpa sisi selalu tak terduga dengan hal yang bisa jadi memicu kontroversi.

Apabila pilihan Slamet Rahardjo Cs meleset dari dua film ini, maka tentu saja mereka punya penilaian yang patut diharga ? Tapi, yah penonton Habibie Ainun yang hampir 6 juta dan 5Cm hampir 4 juta tersebut tentu sulit menerima karena dua film tersebut menurut redaksi punya DOP, artistik, aktor dan aktris, sutradara dan semua unsur sinematografi yang luar biasa termasuk lokasi syuting dengan latar cerita yang sangat menarik.

Tapi tetap saja 07 Desember mendatang baru kita semua akan tahu, judul film mana yang terpilih menjadi yang terbaik dan pasti dewan juri film bioskop tahun 2013 punya alasan penilaian tersebut.


Bravo FFI 2013...................!