TWSLive : Bocoran RTP Live Slot Gacor Tertinggi Hari Ini
Beranda > Ekonomi & Bisnis > 5 Konglomerat Penguasa Bisnis Minyak Goreng di Indonesia

5 Konglomerat Penguasa Bisnis Minyak Goreng di Indonesia

Ekonomi & Bisnis
Oleh : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
5 Konglomerat Penguasa Bisnis Minyak Goreng di Indonesia

KABARINDO, JAKARTA- Diketahui, harga minyak goreng di Indonesia kian melonjak. Padahal, minyak goreng menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Pasokan minyak goreng masih sulit didapat alias langka dan harganya melonjak hingga membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan subsidi satu harga. Kita juga beberapa konglomerat selama ini menguasai bisnis minyak goreng di dalam negeri.

Kenaikan harga tak hanya terjadi pada minyak goreng kemasan, namun juga terjadi pada minyak goreng curah yang biasa dijual dalam kemasan plastik bening di pasaran. 

Kenaikan harga minyak goreng ini tak terlepas dari harga CPO yang juga naik signifikan sejak akhir tahun 2021. Padahal, Indonesia tercatat sebagai produsen terbesar minyak sawit (CPO) dunia.

Dikutip dari berbagai sumber berikut 5 konglomerat penguasa minyak goreng di Indonesia:

1. Keluarga Widjaya

Menduduki peringkat kedua daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2021, keluarga Widjaya melalui Grup Sinar Mas juga menjadi produsen minyak goreng terbesar di Indonesia.
Adapun produk minyak goreng tersebut yang paling terkenal mempunyai nama Filma.

2. Martua Sitorus

Martua Sitorus adalah sosok di balik gurita bisnis Wilmar dengan salah satu produknya adalah minyak goreng dengan berbagai merek. Di Indonesia, merek minyak goreng dari Wilmar adalah Fortune dan Sania.

Diketahui, Martua Sitorus memiliki kekayaan bersih sebesar USD2,9 miliar dan menempatkannya di urutan 1.101 orang terkaya di dunia. Bersama dengan Kuok Khoon Hong, Martua Sitorus mendirikan Wilmar pada 1991.

3. Anthony Salim

Pemilik Indofood ini juga mengeluarkan minyak goreng kemasan. Melalui Indofood Agri Resources Ltd.

Anthony Salim memproduksi minyak goreng antara lain Bimoli, Delima, dan Happy.

4. Sukanto Tanoto

Sukanto Tanoto adalah pendiri Royal Golden Eagle International (RGEI). Perusahaan yang sudah go international itu memiliki usaha di berbagai industri termasuk juga minyak kelapa sawit.

Melalui Asian Agri and Apical, dia produk minyak goreng dengan merek Camar. Dan dia juga merupakan penguasa terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai USD2,3 miliar (Rp32,89 triliun).

5. Bachtiar Karim

Bachtiar Karim adalah pemilik Grup Musim Mas yang juga memiliki perusahaan sawit terbesar di Indonesia.

Dari perusahaannya tersebut, dia memiliki total kekayaan USD3,5 miliar atau setara Rp50 triliun. Produk minyak gorengnya antara lain Sanco, Voila, dan Amago.

Sumber; IDXChannel

Foto:gimni


RELATED POSTS


Home Icon
https://next.seattlechildrens.org//