Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Gaya hidup > 5 Hal Penting Saat Pilih Kursus Online Bahasa Inggris, No 3 Paling Penting!

5 Hal Penting Saat Pilih Kursus Online Bahasa Inggris, No 3 Paling Penting!

Gaya hidup
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
5 Hal Penting Saat Pilih Kursus Online Bahasa Inggris, No 3 Paling Penting!

KABARINDO, JAKARTA - Sejak Omicron merebak, kursus online kembali banyak dicari masyarakat untuk baik sekedar mengisi waktu luang atau untuk meningkatkan kompetensi. Kursus Bahasa Inggris menjadi salah satu kursus favorit, mengingat tuntutan untuk mampu berbahasa Inggris semakin tinggi.

Banyak kursus Bahasa Inggris online yang muncul dengan berbagai tawaran serta promosi yang menarik. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara memilih kursus Bahasa Inggris yang tepat dan berkualitas.

Memilih kursus online yang tepat menjadi hal yang kritikal karena akan memengaruhi kualitas kemampuan Bahasa Inggris yang akan didapat. Sebelum memutuskan kursus online, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang ditawarkan tempat kursus online tersebut. Berikut 5 hal penting yang perlu kamu ketahui saat memilih kursus online Bahasa Inggris!

1. Cari Kelas dengan Jadwal yang Fleksibel

Sulit untuk menemukan waktu yang tepat untuk belajar Bahasa Inggris? Jika waktu menjadi penghambat, kamu bisa memilih kursus online yang memiliki jadwal yang fleksibel. Dengan seperti itu, kamu akan tetap mendapatkan ilmu baru dalam berbahasa Inggris tanpa harus mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

2. Pilih Kelas LIVE dan Interaktif

Sebuah studi dari Carnegie Mellon University mengenai pembelajaran online menunjukan bahwa kelas interaktif akan memberikan pengalaman belajar yang paling efektif dan bermanfaat. Dibandingkan dengan pembelajaran satu arah, pembelajaran secara LIVE dan interaktif memberikan kesempatan kepada para murid untuk belajar dan bertanya langsung bersama guru. Selama pembelajaran LIVE, guru akan mendampingi muridnya agar dapat mempraktekan langsung kemampuan berbahasa Inggris. Guru dapat memperbaiki kekuranganmu secara langsung saat belajar. Dengan demikian, kelas LIVE dan interaktif bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu dalam memilih kursus Bahasa Inggris.

3. Kursus Online dengan Placement Test (Tes Penempatan Level)

Pilih kursus yang bersedia memberikan Placement Test untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris kamu sekarang. Hal ini merupakan bagian yang paling penting untuk memulai belajar Bahasa Inggris, agar penempatan kelasmu tidak salah di kemudian hari. Dari sini akan diketahui apa saja kekurangan yang perlu kamu pelajari lebih lanjut sehingga target kemampuan Bahasa Inggris yang ingin kamu capai dapat tepat sasaran.

Akan tetapi, Placement Test sering dilewatkan banyak orang karena beberapa hal, salah satunya kadang biaya yang cukup mahal. Padahal, ada beberapa lembaga kursus yang menyediakan Placement Test dengan biaya yang terjangkau, salah satunya Cakap. Di Cakap, kamu hanya membayar Rp10.000 untuk melakukan Placement Test langsung bersama guru Cakap. Kamu bisa cek www.cakap.com untuk informasi lebih lanjut.

4. Cari Kurikulum Bahasa Inggris Terbaik

Tidak hanya sekedar asal bisa berbahasa Inggris, tentunya kamu juga ingin memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang berkualitas, kan? Ketika kamu memilih kelas Bahasa Inggris online, kamu juga perlu memerhatikan kurikulum yang digunakan. Kurikulum tersebut dapat memengaruhi kualitas pelajaran yang akan kamu dapatkan.

Saat ini, kurikulum Bahasa Inggris CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) merupakan kurikulum yang paling kredibel untuk digunakan. CEFR membimbing guru dan siswa untuk dapat mengetahui tingkatan kemahiran Bahasa Inggris secara terstruktur. CEFR kini menjadi acuan terbaik untuk dijadikan sebagai kurikulum dalam belajar Bahasa Inggris.

“Sistem CEFR mengutamakan penguasaan fungsi bahasa sehingga pembelajaran menjadi lebih praktis, interaktif, dan siswa mendapatkan manfaat langsung dalam penggunaan sehari-hari. Hal ini merupakan paradigma baru dibandingkan dengan pembelajaran bahasa konvensional yang menggunakan pendekatan gramatikal - siswa didorong untuk lebih aktif menggunakan bahasa tanpa takut melakukan kesalahan tata bahasa.” Yoshua Yanottama, Senior Education Manager Cakap.

Jadi, sebelum memilih kursus, pastikan kurikulum kelasmu mengikuti kompetensi CEFR, ya!

5. Bisa Praktek Langsung dengan Guru Bahasa Asing

Bahasa Inggris tentunya perlu dipraktekkan secara langsung dan keberadaan guru bahasa asing dapat membantumu sebagai teman praktek dalam berbicara Bahasa Inggris. Terlebih, guru bahasa asing dapat membantu memperbaiki kesalahan-kesalahan pengucapan kata, salah sebut kata Bahasa Inggris dapat bikin salah arti, lho! Kelebihan dari belajar dengan guru bahasa asing adalah mereka dapat membantu kita untuk membiasakan diri berinteraksi dengan orang asing baik dalam segi bahasa dan budaya. Pengalaman yang didapatkan saat belajar bersama guru bahasa asing akan banyak yang menarik. Oleh karena itu, cobalah pilih kursus Bahasa Inggris yang dapat diajar oleh guru bahasa asing, ya!


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER