Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > 4 Pemenang Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2023 Telah Diumumkan, Simak Siapa Saja yang Terbaik!

4 Pemenang Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2023 Telah Diumumkan, Simak Siapa Saja yang Terbaik!

Iptek | Sabtu, 21 Januari 2023 | 05:26 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
4  Pemenang Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2023 Telah Diumumkan, Simak Siapa Saja yang Terbaik!

KABARINDO, JAKARTA – Goethe-Institut Indonesia bekerja sama dengan Ikatan Guru Bahasa  Jerman Indonesia (IGBJI) telah menyelenggarakan Olimpiade Bahasa Jerman  Tingkat Nasional 2023 secara daring pada 16-17 Januari.

Dari 70 finalis asal 55  SMA/SMK/MA di 27 provinsi, empat siswa telah dinobatkan sebagai pemenang.

Dalam upacara pengumuman pemenang di GoetheHaus Jakarta, Jumat 20  Januari, yang disaksikan para finalis secara virtual dari kota masing-masing, Jason Kartasasmita (SMA Kolese Kanisius, Jakarta) terpilih sebagai juara  pertama.

Sementara itu, Fatih Ahza Ghaisani (SMA Negeri 1 Slawi, Jawa Tengah) merupakan juara kedua. Adapun Benedictus Febryan Netyastomo (SMA Negeri 2 Jakarta) menjadi juara ketiga dan Ejaz Elfath (SMA Negeri Unggulan M. H.  Thamrin, Jakarta) sebagai juara keempat.

Seluruh pemenang menerima beasiswa kursus bahasa Jerman untuk remaja selama tiga minggu pada musim panas di Jerman. Para pemenang juga  memperoleh piagam penghargaan dari Goethe-Institut, IGBJI, dan Pusat  Prestasi Nasional Kemdikbudristek.

Para finalis yang telah berkompetisi dalam edisi ke-15 Olimpiade Bahasa  Jerman Tingkat Nasional ini sebelumnya telah melalui babak penyisihan secara  virtual selama November 2022. Babak penyisihan diikuti 1.198 siswa dari 367 
SMA/SMK/MA di 27 provinsi. Para peserta diuji dalam hal keterampilan  berbahasa Jerman pada tingkat kemahiran bahasa A2 (tingkat pemula lanjutan),  mulai dari membaca, menyimak, dan menulis.

“Kami melihat komitmen pelajar Indonesia dalam Olimpiade Bahasa Jerman  Tingkat Nasional sangat mengesankan. Meski jarak fisik antara Indonesia dan  Jerman begitu jauh, banyak siswa yang antusias berpartisipasi dalam kompetisi 
ini. Di zaman sekarang ini, membekali diri dengan belajar bahasa asing sangat  penting karena bisa membuka cakrawala dunia baru serta memunculkan  beragam peluang di masa depan," ujar Ulrike Drißner, Kepala Bagian Bahasa 
Goethe-Institut Wilayah Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru.

Babak final hari pertama pada 16 Januari menantang para finalis untuk  menjawab sejumlah pertanyaan seputar budaya Jerman pada aplikasi  Actionbound di gawai mereka selama setengah jam. Soal yang diujikan di  antaranya adalah pengetahuan negara Jerman secara umum hingga tokoh  ternama asal negara tersebut.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER