Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > 3 Cara Terbaik untuk Backup Data sesuai Kebutuhan

3 Cara Terbaik untuk Backup Data sesuai Kebutuhan

Iptek | Kamis, 5 Mei 2022 | 17:40 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
3 Cara Terbaik untuk Backup Data sesuai Kebutuhan

3 Cara Terbaik untuk Backup Data sesuai Kebutuhan

Backup konten digital harus konsisten dilakukan

Surabaya, Kabarindo- Sangat penting bagi kita memiliki data backup untuk kehidupan sehari-hari. Apalagi, selama pandemi berlangsung dua tahun terakhir ini, banyak orang yang bekerja dari rumah atau WFH dan belajar secara online, sehingga jumlah konten dan data digital meningkat sangat pesat. Jangan sampai kita kehilangan data berharga karena lupa melakukan backup. Menyesal kemudian tidak berguna.

Kita baru menyadari pentingnya melakukan backup ketika sudah merasakan kehilangan file digital penting atau foto dan video yang berharga. Berdasarkan penelitian dari Western Digital dan Deka pada 2019, dua dari tiga orang Indonesia pernah mengalami kehilangan data di smartphone. Karena itu, backup konten digital adalah hal yang harus konsisten dilakukan.

Pada 2020, jumlah data yang dibuat di seluruh dunia mencapai 54,2 zettabytes (ZB), meningkat 56,6% dari tahun sebelumnya. Angka ini diperkirakan akan naik hingga lebih dari 180 ZB pada 2025. Sebagai gambaran 1 zettabytes sama dengan 1 trilliun gigabyte.

Seiring dengan banyaknya konten digital yang dihasilkan, baik di PC, laptop, tablet maupun smartphone, maka backup data menjadi hal krusial yang tidak boleh dilupakan. Faktanya, data digital yang kita miliki sekarang bukan lagi hanya foto dan video kasual, tapi justru file pekerjaan, dokumen penting dan konten berharga lainnya.

Karena itu, sangat penting untuk menciptakan kebiasaan baru mem-backup data secara teratur. Berikut ini adalah beberapa cara dari Western Digital, pemimpin global di industri solusi penyimpanan.

Gunakan USB flash drive

USB Flash drive adalah solusi simple, cepat dan terjangkau dengan plug-and-play untuk mengarsipkan file, foto dan video langsung dari smartphone. Bahkan sudah ada USB dual-connector seperti SanDisk Ultra Dual Drive Luxe, yang bisa mentransfer file dengan mudah antara smartphone, tablet, Mac dan komputer/laptop dengan colokan Type-A.

Untuk pengguna Iphone yang biasanya tidak memiliki opsi untuk menambah penyimpanan memori internal ponsel, ada Sandisk iXpand Flash Drive dengan dua konektor agar bisa memudahkan perpindahan serta backup file di iPhone, iPad Pro, Mac dan perangkat lain yang menggunakan USB Type-C, termasuk ponsel Android.

Siapkan eksternal drive untuk kapasitas extra

Seiring dengan meningkatnya jumlah konten digital di dunia (240.000 foto diunggah ke Facebook dan 65.000 foto diunggah ke Instagram setiap menit), penyimpanan sebesar 1TB mungkin sudah tidak memadai untuk sebagian pengguna. Para pekerja profesional di bidang digital, seperti fotografer, kreator konten, videographer dan desainer, mungkin membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar untuk menyimpan file mereka.

Untuk kapasitas ekstra besar, anda bisa menggunakan drive eksternal. Saat ini drive eksternal terbagi menjadi dua opsi: Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD). Masing-masing opsi tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Jadi anda bisa memilih opsi yang paling cocok untuk kebutuhan. HDD biasanya memiliki harga lebih terjangkau dengan kapasitas penyimpanan lebih besar, sedangkan SSD unggul dari segi kecepatan dan durabilitasnya yang lebih tinggi.

Untuk memanfaatkan drive eksternal, anda bisa membuat jadwal reminder teratur setiap bulan ataupun tiap 3 bulan guna mem-backup foto dan video di smartphone ke dalam hard drive eksternal. Supaya lebih mudah, Western Digital menyediakan software “WD Backup” di semua perangkat HDD & SSD-nya, yang akan membantu backup file secara otomatis sesuai dengan preferensi (harian, mingguan, bulanan atau jadwal lain yang anda inginkan). Dengan begitu, pengguna tidak perlu melakukan backup file secara manual.

Cloud adalah pilihan tepat untuk sinkronisasi otomatis

Penyimpanan di drive dan USB memang bagus, tapi kadang anda menginginkan penyimpanan Cloud untuk mengumpulkan semua data digital di satu tempat. Salah satu opsinya adalah WD My Cloud Home, perangkat penyimpanan cloud pribadi yang mudah digunakan dengan menghubungkannya ke router Wi-Fi di rumah.

Tidak seperti Network-Attached Storage (NAS), WD Cloud Home lebih simple dan bisa menjadi penyimpanan sentral sebagai solusi untuk backup file foto, video dan dokumen lainnya. Semua pengguna bisa mengakses file tersebut di manapun dan kapanpun, asal ada akses internet.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER