Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Hukum & Politik > 24 Ton Minyak Goreng Disita, Polisi Amankan 8 Orang

24 Ton Minyak Goreng Disita, Polisi Amankan 8 Orang

Hukum & Politik
Oleh : Daniswara Kanaka

BAGIKAN :
24 Ton Minyak Goreng Disita, Polisi Amankan 8 Orang

KABARINDO, JAKARTA Polres Metro Jakarta Selatan bertindak tegas dengan mengamankan delapan orang tersangka terkait sitaan 24 ton minyak goreng dari distributor yang rencananya akan dijual di atas Harga Eceran tertinggi (HET).

Rencananya minyak goreng tersebut akan dijual dengan harga Rp17.000 per liter. Sedangkan, pemerintah sudah menetapkan HET minyak goreng yakni Rp14.000 per liter.

"Saat ini kami mengamankan delapan orang yang saat ini statusnya sedang kami lakukan pemeriksaan," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto dalam keterangannya, Jumat (25/2/2022).

Budhi menuturkan akan bertindak tegas kepada delaan orang tersebut jika dalam pemeriksaan terbukti ada tindakan pidana dalam distribusi minyak goreng. Ia juga akan memeriksa petinggi dari distributor tersebut.

"Kami sedang dalami apakah ada dugaan tindak pidana dalam peristiwa ini. Kalau memang nanti ada, nanti siapa yang harus bertanggung jawab," ucap Budhi.

"Ya tentunya (periksa petinggi distributor) kami sedang dalami dan mendapatkan datanya," tambah Budhi.

Sebelumnya, jajaran Polres Metro Jakarta Selatan telah menyita 24 ton minyak goreng yang rencananya akan dijual dengan harga diatas HET. Bersama dengan penyitaan tersebut, polisi pun menangkap delapan orang di lokasi berbeda. Salah satunya di kawasan Kalibata City, Pancoran Jakarta Selatan, belum lama ini.

"Berdasarkan Permendag itu harga eceran tertinggi Rp 14.000. Sampai ke hilir (mereka menjual), Rp 17.000," ucap Budhi.

Tindakan yang dilakukan jajaran reskrim Polres Jaksel ini dilakukan untuk menyikapi adanya kelangkaan minyak goreng di kalangan masyarakat. Penyidik pun membentuk tim khusus untuk menyelidiki kelangkaan minyak. Diketahui adanya produsen baru yang mulai bermain pada bisnis minyak goreng.

"Kami temukan ada pabrikan yang menjual kepada distributor yang menurut mereka baru dalam waktu 2 sampai 3 minggu ini dijadikan distributor dan sebenarnya perusahaan itu bergerak di bidang kosmetik," ucap Budhi.

Sumber: Kompas.com

Foto: Freepik user3802032


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER