15 Siswa Papua; Ikut Program Afirmasi Pendidikan

15 Siswa Papua; Ikut Program Afirmasi Pendidikan

Biak, Semarang- Sebanyak 15 siswa asli Kabupaten Biak Numfor, Papua, pada tahun pelajaran 2015/2016 mengikuti program afirmasi pendidikan menengah SMA/SMK di Semarang, Jawa Tengah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor Piet Havurun di Biak, Jumat, mengatakan mereka merupakan hasil seleksi siswa berprestasi untuk klaster Biak.

"Program afirmasi pendidikan merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan, Pemprov Papua, dan Pemkab Biak Numfor untuk percepatan pembangunan pendidikan di wilayah timur NKRI," katanya.

Piet menjelaskan sebelum ke sekolah tujuan di Semarang, Jawa Tengah, para siswa diberi pembekalan dan bimbingan teknis mengenai program afirmasi pendidikan dari pemkab, dinas pendidikan, dan instansi terkait lainnya di Kabupaten Biak Numfor.

Selama mengikuti program afirmasi pendidikan di sekolah tujuan, menurut Piet, para siswa mempunyai tugas pokok untuk belajar dan menuntut ilmu dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Papua.

"Selama beberapa tahun program afirmasi pendidikan berjalan untuk klaster Biak telah berjalan baik sesuai dengan program Kementerian Pendidikan, Pemprov Papua, dan Pemkab Biak Numfor," katanya.

Ia mengatakan selain pendidikan menengah, program afirmasi pendidikan menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI juga memprogramkan afirmasi pendidikan tinggi untuk anak asli Papua lulusan SMA/SMK.

"Sedangkan program afirmasi pendidikan tinggi hingga saat ini masih menunggu kelanjutan proses rekrutmen siswa asli Papua untuk berkuliah di berbagai perguan tinggi negeri seluruh Indonesia," ujarnya.

Berdasarkan data, Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor telah mengirim sekitar 100 mahasiswa program afirmasi pendidikan tinggi sejak 2013 hingga 2015 seperti dilansir dari laman antaranews.