100 BUMN; Pastikan Bergabung Dengan BPJS

100 BUMN; Pastikan Bergabung Dengan BPJS

Jakarta, Kabarindo- Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengatakan, sekitar 100 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) direncanakan bakal segera bergabung dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Ada sekitar 100 BUMN yang layanan kesehatan karyawan serta keluarganya siap dialihkan ke BPJS," kata Agung Laksono di Jakarta, Selasa (15/10).

Lebih lanjut Agung mengatakan, dirinya berharap dengan bergabungnya BUMN tersebut, bisa menjadi pemicu pihak lainnya agar segera bergabung dengan BPJS.

"Diharapkan bisa menjadi penggerak bagi perusahaan swasta lainnya untuk bersama-sama bergabung dan menyukseskan BPJS," katanya.

Pernyataan Agung tersebut, terkait dengan akan diterapkannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mulai 1 Januari 2014.

Rencana peralihan layanan kesehatan tersebut tidak hanya soal kepesertaan, tetapi juga pemanfaatan fasilitas rumah sakit dan poliklinik milik BUMN.

Agung juga mengatakan, meskipun ada peralihan, dirinya menegaskan bahwa layanan kesehatan yang akan diterima karyawan BUMN tidak akan berkurang.

"Meski ada peralihan pertanggungjawaban, karyawan BUMN dan keluarganya tetap bisa mendapatkan layanan pengobatan untuk semua jenis penyakit, termasuk lima jenis penyakit berbiaya mahal, yakni jantung, diabetes, gagal ginjal, stroke hingga kanker," katanya seperti dilansir dari laman beritasatu.