Sidang Kabinet Kerja Jokowi JK; Berbahasa Indonesia Sambut Sumpah Pemuda

 Sidang Kabinet Kerja Jokowi JK; Berbahasa Indonesia Sambut Sumpah Pemuda

Jakarta, Kabarindo- Apa yang membanggakan dari sidang kabinet kerja era Presiden ke-7 ?

Yah, pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) istilah bahasa Inggris kerap terdengar baik dalam sambutannya di rapat terbatas maupun sidang kabinet.

SBY kerap menggunakan terminologi bahasa asing, baik dalam bidang hubungan internasional, ekonomi hingga pertahanan. Begitupun ketika memberikan keterangan pers, presiden ke-6 itu jamak menggunakan istilah asing.

Namun gaya tersebut sepertinya tidak diteruskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggantikannya. Dalam sidang kabinet perdana yang dipimpin Jokowi di kantor presiden, Senin (27/10), tak satu pun mantan gubernur DKI Jakarta itu menyelipkan istilah asing. Kalimat-kalimatnya pun cukup singkat.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan tiga arahan kepada para menteri. Poinnya adalah 34 menteri yang dipilihnya harus bisa menyukseskan visi misi presiden. Jokowi tak mau ada visi kementerian maupun ego sektoral.

Namun tampaknya bukan berarti Jokowi tak paham berbahasa asing. Buktinya saat menerima tamu-tamu negara di awal pelantikannya, presiden tersebut tak canggung berkomunikasi tanpa harus meminta bantuan penerjemah yang disiapkan mendampinginya.

“Ego sektoral harus dihentikan dan kita harus mulai dengan sebuah trasidi baru untuk bekerja lintas sektor,” kata Jokowi kepada menteri-menterinya seperti dilansir dari laman beritasatu.