Ribuan Wisatawan; Padati Objek Wisata Gunung Kidul

 Ribuan Wisatawan; Padati Objek Wisata Gunung Kidul

Gunung Kidul, Kabarindo-  Sebanyak 47.000 wisatawan memadati objek wisata pantai selatan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada libur Lebaran 2014.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Gunung Kidul Hari Sukmono di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan, tahun ini ada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mencapai 16 persen dibandingkan tahun 2013.

"Pada H+2 2013, kunjungan wisatawan mencapai 30 ribu orang. Tahun ini pada hari yang sama meningkat menjadi 47 ribu orang. Terjadi peningkatan jumlah kunjungan yang cukup tinggi," kata Hari.

Data Disbudpar Gunung Kidul, lanjut dia, kawasan wisata pantai menjadi penyumbang wisatawan paling banyak yakni mencapai 35 ribu orang pada H+1 lalu. Untuk H+2, jumlah kunjungan hingga 18.00 WIB mencapai sekitar 47 ribu ribu orang, dengan rincian Tempat Penarikan Retribusi (TPR) Baron I 18 ribu orang, TPR JJLS 10 ribu, dan sisanya berasal dari kawasan Pantai Siung, Wediombo dan Ngrenehan.

"Kami optimistis target wisatawan tercapai," katanya.

Dia memperkirakan akan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan pada H+3 dan H+4 atau menjelang akhir libur lebaran.

"Berdasarkan pengalaman tahun-tahun lalu akan terus terjadi peningkatan kunjungan," kata dia.

Dari pantauan pagi hingga siang antrean kendaraan yang menunggu karcis masuk ke kewasan wisata pantai terpantau cukup panjang, Pos penjagaan Baron I. Kepadatan dari SMK Tanjungsari sampai pertigaan menuju ke arah Pantai Kukup.

Namun demikian, penumpukan kendaraan ini sedikit lebih cepat terurai karena adanya pemberlakuan arus satu arah di kawasan wisata pantai, Kepolisian Resor Gunung Kidul sejak H+1 seperti dilansir dari laman antaranews.