Presiden Hadiri; Pernikahan Putri Gubernur Yogyakarta

 Presiden Hadiri; Pernikahan Putri Gubernur Yogyakarta

Yogyakarta, Kabarindo- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Negara Ani Yudhoyono menghadiri pernikahan putri keempat Gubernur Yogyakarta,

Sri Sultan Hamengku Buwono X di Yogyakarta, Selasa (22/10). Sri Sultan merupakan Raja Keraton Kasultanan Yogyakarta.

Prosesi pernikahan agung (pawiwahan ageng) GKR Hayu dengan KPH Notonegoro digelar selama tiga hari sejak 21 Oktober hingga Rabu, 23 Oktober 2013. Pernikahan putri terakhir Keraton ini dilakukan di kompleks perkantoran Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Presiden dan Ibu Negara, serta orang tua kedua mempelai dan tamu kehormatan lainnya menyaksikan prosesi upacara adat “Panggih” dan “Pondhongan” pukul 10.00 WIB. Setelah upacara itu, Presiden dan Ibu Negara memberikan selamat dilanjutkan dengan foto bersama kedua mempelai.

Menurut catatan panitia, undangan yang hadir pada acara itu mencapai 3.000 orang.

Presiden berangkat dari bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa pagi pukul 08.00 WIB. Presiden dan rombongan menggunakan pesawat kepresidenen Boeing 737-800.

Wakil Presiden Boediono sebelumnya sudah hadir pada hari pertama pernikahan, kala dilakukan upacara yantri (menitipkan pengantin pria di keluarga pengantin putri), upacara siraman, dan upacara tantingan. Pada Selasa ini juga dilakukan ijab kabul dan upacara panggih temanten atau mempertemukan manten perempuan dan manten laki-laki di bangsal Kencono.

Hari terakhir, Rabu, merupakan acara resepsi yang diselenggarakan di Bangsal Kepatihan dan acara pamitan.

Usai menghadiri pernikahan, SBY dan rombongan langsung bertolak ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan sekitar pukul 12.00 WIB dan diperkirakan tiba di Banjarmasin sekitar pukul 15.00 WITA. Di Banjarmasin, Presiden akan menghadiri peresmian proyek Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia, dan membuka Kongres Budaya Banjar (KBB) III Tahun 2013. Presiden dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Kamis, (24/10) seperti dilansir dari laman beritasatu.