Coca-Cola Amatil Indonesia Gandeng Bali Hotel Association; Gelar Aksi Konservasi Laut Di International Coastal Cleanup 2015

 Coca-Cola Amatil Indonesia Gandeng Bali Hotel Association; Gelar Aksi Konservasi Laut Di International Coastal Cleanup 2015

Denpasar, Kabarindo- Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI), bekerjasama dengan Bali Hotel Association (BHA) dan Komunitas Pencinta Pantai kembali meramaikan International Coastal Cleanup 2015 untuk mewujudkan komitmen terhadap kebersihan pantai di Bali, akhir pekan kemarin.

Sejak tahun 1986, International Coastal Cleanup telah dilaksanakan dan menjadi gerakan terbesar dari para sukarelawan untuk mewujudkan kepedulian terhadap kelestarian laut di berbagai negara.

Selama 29 tahun terakhir, International Coastal Cleanup telah menginspirasi jutaan relawan serta pelaku industri mancanegara untuk mengambil tindakan dengan membersihkan, menghitung dan mengumpulkan sampah berdasarkan kategori masing-masing seperti puntung rokok, plastik, serta bekas kemasan minuman yang banyak ditemukan di pantai. Hal tersebut dilakukan untuk menganalisa jenis sampah dan mencari tahu bagaimana cara mengurangi banyaknya sampah tersebut.

“Sering waktu, kami ingin terus mengembangkan program rutin harian kami, Bali Beach Cleanup (BBCU), dan membangun kesadaran masyarakat bahwa setiap individu dapat berkontribusi dalam menjaga kebersihan pantai di mana pun ia tinggal. Hal inilah yang mendorong kami untuk berkolaborasi dengan berbagai komunitas untuk bersama-sama membersihkan sepanjang garis pantai Kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran dan Sanur dalam kegiatan International Coastal Cleanup 2015 ini,’ ujar Indah Triyanti, Regional Corporate Affairs Manager, Coca-Cola Amatil Indonesia.

Meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan pantai dapat terlihat dari meningkatnya jumlah relawan setiap tahunnya. Tahun 2014 lalu, International Coastal Cleanup dihadiri oleh 250 orang relawan, sementara tahun ini bertambah lebih dari tiga kali lipatnya yaitu sekitar 800 orang relawan dan yang berhasil mengumpulkan lebih dari 750 kg sampah. Relawan-relawan ini terdiri dari karyawan CCAI, Quiksilver Indonesia, Yayasan ROLE Bali, Enviro Pallets dan para perwakilan dari 70 hotel yang tergabung dalam BHA, komunitas pecinta pantai, masyarakat setempat, serta turis lokal dan mancanegara.

Di lingkup internasional, terdapat lebih dari 600.000 partisipan yang turut serta secara sukarela di 92 negara, dan telah berhasil mengumpukan lebih dari 12,3 juta sampah dari pelaksanaan International Coastal Clean Up sebelumnya.