Belajar Dari Penyelenggara Olimpiade London 2012; Sambut Asian Games 2018

 Belajar Dari Penyelenggara Olimpiade London 2012; Sambut Asian Games 2018

Jakarta, Kabarindo- Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik.

Ia akan membawa kesuksesan pelaksanaan Olimpiade London 2012 ke Indonesia yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games 2018.

Salah salah dukungan yang diberikan adalah dengan membawa sembilan perusahan dari berbagai bidang yang berada di balik suksesnya pelaksanaan kejuaraan olahraga terbesar di dunia ke Indonesia.

"Untuk menggelar kegiatan sebesar ini butuh kerjasama antara pemerintah dan swasta. Tanpa ada kemitraan akan kurang maksimal. Makanya kami ke sini membawa sembilan perusahaan untuk presentasi pengalamannya," kata Moazzam Malik setelah bertemu Ketua KOI Rita Subowo di Jakarta, Rabu.

Sembilan perusahaan besar mulai jasa konstruksi, IT, legalitas hingga penyiaran yang ada di balik kesuksesan Olimpiade London mempresentasikan pengalamannya di depan KOI.

Selain itu, Dubes Inggris juga memberikan perhatian tersendiri terutama pada sistem transportasi di Indonesia. Hal ini dilakukan karena transportasi sangat penting untuk mendukung kesuksesan sebuah kegiatan.

"Memperbaiki sistem transportasi sangat penting. Ini akan mempermudah akses turis maupun atlet itu sendiri. Dengan sistem transportasi bagus maka mobilisasi dari hotel ke tempat pertandingan akan mudah," katanya.

Asian Games 2018 sesuai dengan rencana dilaksanakan di tiga tempat yaitu Jakarta, Palembang dan Jawa Barat. Dari tiga tempat tersebut, kemungkinan besar Jakarta akan menjadi lokasi pembukaan dan penutupan kejuaraan empat tahunan ini.

Sementara itu, Ketua KOI Rita Subowo mengaku sangat mengapresiasi apaya yang dilakukan Pemerintah Inggris melalui Duta Besarnya untuk Indonesia yang membagi kesuksesan dalam hal pelaksaaan Olimpiade London dengan Indonesia.

"Kami ucapkan terima kasih pada perusahaan-perusahaan asal Inggris yang mau datang ke Indonesia untuk memberikan gambaran sebagai salah pihak di balik suksesnya Olimpiade London," katanya.

Menurut dia, datangnya sembilan perusahaan besar ini menunjukkan sebuah keseriusan untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat

"Pihak luar saja membantu. Makanya kita harus lebih semangat dalam mempersiapkan Asian Games 2018. Tidak hanya untuk infrastruktur tapi juga untuk pembinaan atlet," katanya.

Rita Subowo menjelaskan selain Inggris sebetulnya ada beberapa negara yang menawakan bantuannya seperti Tiongkok, Australia maupun Jepang. Hanya saja, untuk merealisasikan bantuan ini semuanya masih tergantung dengan turunnya Keppres Asian Games 2018.