Amway Punya Pusat Distribusi Baru; Di Kota Pahlawan

 Amway Punya Pusat Distribusi Baru; Di Kota Pahlawan

Surabaya, Kabarindo- Amway meresmikan pusat distribusi produk atau distribution center (DC) di Surabaya pada Sabtu (24/8) kemarin.

DC ini baru direnovasi dengan penambahan fasilitas dan layanan baru untuk mendukung pemasaran dan pengembangan bisnis para distributornya di Surabaya. Rencananya, DC Surabaya akan menjadi gudang atau hub dalam memasarkan produk untuk wilayah Indonesia timur.

“Penambahan fasilitas dan layanan baru di DC Surabaya diharapkan dapat menambah kenyamanan dan semangat para distributor dalam menyosialisasikan produk Amway kepada masyarakat,” ujar Koen Verheyen, Presdir Amway Indonesia.

Layanan baru di DC Surabaya antara lain experience center dan Nutrilite drink corner. Kita dapat melakukan pemeriksaan kulit kepala dan wajah, tes kepadatan tulang, tes lemak serta konsultasi kesehatan dan kecantikan.

Koen menyebutkan, Amway memiliki 28 DC secara nasional. Dari jumlah ini, 4 DC berada di Jakarta dan satu di Surabaya. Rencananya akan menambah 2 DC di Jakarta pada tahun ini dan 2014.

Ia mengatakan, penjualan produk Amway di Surabaya menduduki posisi kedua setelah Medan dengan kontribusi 10%, sementara Medan menyumbang 12%. Koen menargetkan pertumbuhan Amway di Surabaya hingga akhir 2013 mencapai 15%.

Koen optimistis, target tersebut akan tercapai melihat pertumbuhan bisnis Amway di Surabaya terus meningkat. Ini terbukti dari kenaikan pertumbuhan lebih dari 10% dibandingkan pada tahun lalu. Kontribusi terbesar dari pertumbuhan ini diperoleh dari makanan kesehatan Nutrilite dan produk kecantikan Artistry.

Secara nasional, Nutrilite dan Artistry juga menjadi produk penyumbang terbesar penjualan Amway dengan persentase 50% untuk Nutrilite dan Artistry menyumbang 15%.

Koen melihat hal itu sebagai peluang besar untuk mengembangkan pasar di Surabaya. Untuk itu, MLM ini menerapkan strategi dengan menambah fasilitas dan layanan baru untuk memacu performa para distributor dalam memasarkan produk agar lebih dikenal masyarakat luas. Amway memiliki lebih dari 60 ribu distributor di Surabaya yang diyakini akan terus bertambah.

Koen mengatakan, Amway tak gentar menghadapi persaingan dengan MLM – MLM lain karena mengutamakan kualitas produk, memiliki tim riset & pengembangan yang andal serta memberikan jaminan kepuasan kepada pelanggan.

“Pelanggan bisa mengembalikan produk dan memperoleh kembali uangnya jika tak puas terhadap produk yang telah dipakai,” ujar Koen.

Amway berencana meluncurkan 2 produk baru pada tahun ini dan menaikkan harga pada Oktober mendatang sebesar 5%. Menurut Koen, kenaikan ini bukan karena dampak kenaikan BBM, namun memang sudah ditentukan setiap tahun sebesar itu menyesuaikan dengan inflasi.

Koen mengklaim Amway sebagai MLM terbesar di dunia dengan pendapatan 11,3 miliar dolar AS pada 2012. Pencapaian ini disumbang oleh pertumbuhan 10% dari tahun sebelumnya. Ia menyebutkan, selama 10 tahun terakhir, pertumbuhan Amway secara internasional mencatat rata – rata 10% setiap tahun. Sementara penjualan produk Amway di Indonesia mencatat sebagai terbesar kedua di Asia Tenggara.

“Hal ini menjadi tantangan untuk berkembang lebih baik dan meningkatkan penjualan,” ujarnya.