Selasa, 14 November 2017-12:09:34
Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Tokopedia Ajak Apresiasi Veteran; Melalui TopDonasiBebas

Salurkan donasi dari Toppers, maknai Hari Pahlawan



Surabaya, Kabarindo- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2017, Tokopedia mengajak masyarakat Indonesia untuk mengapresiasi para veteran dengan berdonasi melalui fitur TopDonasiBebas.

Tokopedia bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Dompet Dhuafa menyalurkan donasi dari Toppers (pengguna Tokopedia) kepada para veteran yang membutuhkan. Setiap berdonasi Rp.200.000, Toppers akan mendapatkan voucher belanja senilai Rp.50.000 sebagai bentuk apresiasi.

Tokopedia juga akan mengunjungi para veteran untuk berbagi secara langsung lewat program Nakama Beraksi (Berbagi Kasih untuk Indonesia). Setiap Nakama atau karyawan Tokopedia diajak untuk memberikan satu persen jam kerjanya untuk melakukan aksi sosial sesuai minat dan bakat masing-masing.

Selama 8 tahun terakhir, Tokopedia telah menjadi platform yang menghubungkan penjual dan pembeli di Indonesia demi mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia percaya, kesuksesan bisa diraih dengan membuat orang lain sukses pula.

“Dengan memulai dan membangun bisnis melalui Tokopedia, para merchant telah menjadi pahlawan bagi Tokopedia. Mereka adalah pahlawan bambu runcing yang memiliki keberanian untuk memulai, kegigihan untuk bangkit ketika jatuh dan harapan untuk mencapai hidup yang lebih baik. Di Hari Pahlawan ini, kami berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan para merchant yang kini mencapai lebih dari dua juta di seluruh Indonesia,” ujar Garri Juanda, Co-Head of Marketplace (Seller), pada akhir pekan ini.

Tidak hanya menjalankan bisnis, para merchant juga memiliki semangat berbagi kepada sesama yang patut diacungi jempol. Beberapa cerita dari merchant Tokopedia, seperti Aan (asal Jember), Achmad Anas (Jepara), Sigid (Batam), Chasyha (Bali) dan Hery (Pontianak) merupakan contoh pahlawan bambu runcing bagi Tokopedia, juga pahlawan bagi masyarakat sekitar lewat caranya masing-masing.

Berbeda dengan merchant, pembeli di Tokopedia memiliki cara sendiri untuk mengapresiasi pahlawan mereka. Misalnya Shania, karyawan swasta asal Jakarta yang selalu membantu ibunya membayar listrik lewat Tokopedia. Menurutnya, kini ibunya tidak perlu lagi mengantri berlama-lama untuk sekadar membayar listrik.

“Kami selalu berinovasi untuk dapat memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih mudah, aman dan nyaman. Inovasi yang pada dasarnya menyesuaikan dengan masalah-masalah relevan yang dialami pengguna layanan kami yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Kemudahan pembayaran misalnya, kami fokus memungkinkan masyarakat membayar tunai di gerai retail seperti minimarket,” ujar Aldo Tjahjadi, Co-Head of Marketplace (Buyer).

Inovasi tersebut memungkinkan masyarakat yang tidak memiliki akun bank untuk bertransaksi online. Dari sisi logistik, pihaknya berinovasi dengan on demand delivery yang memungkinkan pembeli menerima produk dalam hitungan jam jika berbelanja dari penjual yang tinggal di kota yang sama dengan mereka.