Yuk Cicipi Bebek Vegan; Rasanya Tak Kalah dengan Daging Bebek

Yuk Cicipi Bebek Vegan; Rasanya Tak Kalah dengan Daging Bebek

Yuk Cicipi Bebek Vegan; Rasanya Tak Kalah dengan Daging Bebek

Dari bahan gluten, jamur dan rempah-rempah

Surabaya, Kabarindo- Menu bebek merupakan menu yang populer di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, dan sudah menjadi ikon di kota ini. Banyak orang yang jika datang ke Surabaya selalu mencari makanan khas ini dalam jadwal wisata kuliner mereka.

Menu bebek biasanya diolah dari daging bebek dengan digoreng lalu disajikan bersama nasi hangat yang punel, sambal pencit yang pedas dan lalapan. Wah bisa lupa sekitar kalau sedang menikmati makanan ini.

Sayangnya, orang-orang yang vegetarian, bahkan vegan, tak bisa menikmati menu ini. Lantas bagaimana jika mereka juga ingin merasakan kelezatan menu bebek tanpa melanggar pantangan makan daging?

Tak perlu khawatir. Ada resto khusus yang melayani kalangan vegetarian dan vegan di Surabaya yaitu Velan Kitchen & Velan Cafe. Menurut Amik Sugianto, owner resto ini, pihaknya memang menyajikan menu-menu yang diperuntukkan kalangan tersebut.

“Saya membuat menu-menu itu, karena saya sendiri vegetarian. Ternyata banyak yang suka, baik dari kalangan vegetarian maupun bukan. Mereka yang bukan vegetarian juga berminat, karena rasanya enak, nggak kalah dengan menu-menu dari daging beneran,” ujarnya.

Bebek vegan olahan Amik terbuat dari gluten, jamur dan rempah-rempah sebagai bumbu, di antaranya kunir, ketumbar, laos dan jinten. Rempah-rempah ini berfungsi membuat menu tersebut lezat seperti daging bebek beneran.

Ia menjelaskan cara mengolahnya. Gluten direbus, kemudian dikukus bersama bumbu yang sudah ditumis. Setelah empuk, siap disajikan dengan nasi dan lauk lainnya seperti tahu dan tempe, sambal pencit serta lalapan.

Selain bebek vegan, Amik juga punya menu-menu lain seperti soto dan sego babat yang tentu saja dari bahan non-daging, namun rasanya tak kalah enak dengan soto dan sego babat biasanya.

Untuk minuman pendamping bebek vegan, ada beberapa yang layak dicoba, misalnya Spongebob Frappe dan Pink Panther, semuanya terbuat dari kedelai. Untuk Spongebob Frappe, bahannya kedelai, pisang ambon dan sirup jeruk kemudian diblender. Sedangkan bahan Pink Panther antara lain kedelai dan stroberi, kemudian diblender. Hmm...segar.

Tertarik mencicipinya?

Penulis: Natalia Trijaji