Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > YDBA Ajak Anak Muda Jadi Pebisnis Pertanian; Geluti Pertanian Modern

YDBA Ajak Anak Muda Jadi Pebisnis Pertanian; Geluti Pertanian Modern

Ekonomi & Bisnis | Rabu, 7 April 2021 | 17:24 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
YDBA Ajak Anak Muda Jadi Pebisnis Pertanian; Geluti Pertanian Modern

YDBA Ajak Anak Muda Jadi Pebisnis Pertanian; Geluti Pertanian Modern

Banyak peluang bisnis dapat dioptimalkan di sektor pertanian, didukung kemajuan teknologi

Surabaya, Kabarindo- Sektor pertanian menjadi sektor yang belum menarik dan diminati oleh generasi muda untuk dikembangkan. Banyak anak muda yang berpikir bahwa menjadi petani atau terjun dalam bisnis pertanian adalah sesuatu yang tidak keren dan berpenghasilan rendah.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah lokadata.id, jumlah petani per 2019 mencapai 33,4 juta orang. Dari jumlah tersebut, petani muda di Indonesia yang berusia 20-39 tahun hanya 8% atau setara dengan 2,7 juta orang.

Melihat kondisi demikian, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) kemudian menyelenggarakan kegiatan webinar pertanian modern pada Selasa (6/4/2021) dengan tema “Saatnya Anak Muda Jadi Pebisnis Pertanian”. Tujuannya untuk meningkatkan awareness, menambah wawasan dalam pengembangan usaha pertanian yang menjanjikan serta memberikan motivasi kepada generasi muda untuk terlibat menjadi petani atau pebisnis di sektor pertanian.

Webinar menghadirkan dua narasumber, Sandi Octa Susila, pemilik Mitra Tani Parahyangan, dan Vincent A. Gunawan, Head of Sourcing Sayurbox.

Dalam kesempatan tersebut, Sandi yang berusia 29 tahun berbagi pengalamannya terjun menjadi petani sekaligus pebisnis pertanian sejak 2015. Berkat niat kuatnya untuk fokus di sektor ini, Sandi berhasil mendirikan Mitra Tani Parahyangan sebagai supplier produk pertanian untuk 25 kastemer dan bermitra dengan 385 petani serta mengelola sekitar 120 hektar lahan untuk menghasilkan produk pertanian.

Sedangkan Vincent mewakili Sayurbox, sebuah platfom digital dalam memasarkan produk pertanian yang telah memiliki brand ternama di Indonesia. Ia menceritakan bagaimana Sayurbox berinovasi melalui platform digital berdasarkan kebutuhan kastemer hingga akhirnya Sayurbox diterima dan dikenal masyarakat di Indonesia.

Menurut Ketua Pengurus YDBA, Sigit P. Kumala, banyak peluang bisnis yang dapat dioptimalkan di sektor pertanian, terlebih kemajuan teknologi mendukung generasi muda untuk terlibat dalam sektor pertanian yang modern. Sektor pertanian juga menjadi sektor yang mendukung perekonomian dan ketahanan pangan di Indonesia.

Sigit berharap, sharing dari Sandy dan Vincent tersebut dapat memberikan inspirasi kepada lebih dari 300 anak muda yang mengikuti webinar.

“Sharing dari mereka diharapkan dapat menginspirasi anak muda untuk terlibat dalam memajukan sektor pertanian di Indonesia, baik menjadi petani atau pebisnis di sektor tersebut,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER